banner 728x90

Vonis Firman Dinilai Adil

* Pelaku Pemerkosa dan Pembunuh 3 Anak Kandung

PANGKALPINANG–  Putusan seumur hidup yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Pangkalpinang  pada terdakwa Firman  sang ayah kandung  terdakwa pembunuh serta pemerkosa 2 anak kandung dinilai adil. Pemerhati anak Bangka Belitung, Nurmala Dewi Hernawati menilai majelis hakim sudah berupaya memberikan putusan yang adil sekaligus efek jera bagi pelaku-pelaku kejahatan pada anak.

“Memang ada hukuman mati yang dituntut jaksa, namun majelis nampaknya keberatan karena mempertimbangkan sisi kemanusiaan. Tapi putusan penjara seumur hidup juga sebagai jawaban atas keadilan hukum dalam kasus tersebut,” kata Nurmala Dewi.

Menurut Nurmala, pihak jaksa juga jangan putus asa bila memang merasa ada pertimbangan ketidakadilan untuk banding. Mengingat kasus tersebut sangat menyayat rasa kemanusian dan moral anak manusia  atas kejahatan yang dilakukan oleh sang ayah kandung Firman itu. “Satu sisi memang sangat mengerikan sekali kejahatan yang dilakukan terdakwa sampai menghabisi juga memperkosa anak kandung. Namun hukuman sudah dijatuhkan, kita menghormatinya,” ucap Nurmala.

Sikap hukum dari majelis hakim dan jaksa penuntut menurut Nurmala sudah mengedepankan rasa keadilan yang ada di masyarakat. Hanya saja kewenangan hukum yang masih ada di jaksa penuntut berupa banding itu tetap akan didukung penuh masyarakat. “Bila banding –guna menuntut mati- kita sangat apresiasi. Itu kembali kepada pihak jaksa penuntut atas pertimbangan keadilan yang seadil-adilnya,” ujarnya.

Sementara itu ketua majelis hakim, Marshal Tarigan menyatakan upaya banding sendiri –ke Pengadilan Tinggi- merupakan hak dari jaksa penuntut. Karena aturan hukum positif sudah mengaturnya demikian. “Ya banding atau tidak atas putusan kita itu hak dari jaksanya. Bagi kita putusan tersebut itu sudah adil dengan terlebih dahulu memberikan pertimbangan dari berbagai sisi,” ujarnya.

Dalam putusan lalu majelis hakim beranggota Maju Purba dan Corry Oktarina menyatakan terdakwa Firman bersalah.  Vonis ini sendiri berbeda dengan tuntutan jaksa penuntut dengan hukuman mati pada terdakwa Firman.  Majelis hakim berpendapat berbeda dengan jaksa penuntut dengan menyatakan ada hal yang meringankan bagi terdakwa yakni:  terdakwa berterus terang, terdakwa menyesali perbuatanya. Dan terdakwa masih mempunyai anak yang tinggal satu-satunya dan seorang istri yang sepertinya masih mau memaafkan terdakwa.(eza)

Related Search

Rate this article!
Vonis Firman Dinilai Adil,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: