banner 728x90

Wabup Beltim Sebut Ada HET ‘Gubernur’

//HET Daging Segar Rp 125 Ribu /Kg
MANGGAR- Wakil Bupati Beltim Burhanudin (Aan) menyebut ada edaran penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) kebutuhan pokok menjelang lebaran yang dikeluarkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.
Salah satu kebutuhan pokok yang diatur dalam HET untuk harga daging sapi segar Rp 125 ribu per kilogram. Harga tersebut jauh berbeda dengan penetapan Permendag yang hanya mematok Rp 80ribu per kilogram.
“Ada HET Edaran Gubernur, untuk daging segar Rp 125 ribu kalau tidak salah,” ujar Aan kepada sejumlah wartawan, Rabu (6/6) kemarin.
Aan menyatakan, penerapan HET versi Edaran Gubernur di pasar tetap diserahkan kepada tim Satgas Pangan.
Artinya, bila ditemukan penjualan daging sapi segar di atas HET Rp 125ribu maka harus ditindaklanjuti tim Satgas Pangan sebagai pelanggaran.
“Kita serahkan ke tim satgas pangan, artinya bermasalah. Kita minta tim Satgas Pangan turun kalau harga melebihi daripada HET kalau jual sampai Rp 150 ribu. Masalahnya sekarang kita tidak bisa kontrol harga saat ini,” kata Aan.
Menurut dia, Pemerintah daerah akan sulit menekan harga untuk menyesuaikan dengan HET. Salah satu alasannya, kurs Dollar cukup tinggi dan sudah di kisaran Rp 14ribu per dollar.
“Sekarang ya kita kembalikan ke Provinsi masalah suplay daging beku ini. Secepatnya kita tunggu lah, apalagi ini sudah mepet. Skenario berikutnya, kita akan turunkan tim satgas pangan untuk mengontrol harga di pasar jangan sampai melebihi harga yang sudah ditetapkan,” janji Wabup Aan. (msi)

Related Search

Tags:
author

Author: