banner 728x90

Wabup Sebut Beltim Sarangnya Budayawan

Wakil Bupati Belitung Timur Burhanuddin

MANGGAR – Wakil Bupati Beltim Burhanudin (Aan) mengatakan Beltim sebagai sarangnya para budayawan yang mampu mengangkat potensi kearifan lokal budaya daerah. Banyak potensi adat budaya Beltim yang memiliki nilai namun belum digali maksimal.

“Belitung Timur ini sarangnya para budayawan-budayawan yang mampu untuk mengangkat potensi kearifan budaya lokal, dengan keciri khasan pulau Belitung sendiri yang memiliki tiga kerajaan besar, yakni kerajaan Badau, Balok dan Buding,” ujar Aan saat berbincang dengan Belitong Ekspres.

Menurut Aan, apa yang diwariskan kerajaan besar di pulau Belitong sangat mempengaruhi kearifan lokal, mempengaruhi sosial dan kebudayaan masyarakat kebudayaan sosial di masyarakat pulau Belitung walaupun secara umum kelihatan sama.

“Ini kami buktikan seperti tarian Sepen, tari Sepen Buding dengan tarian Sepen Batu Penyu, itu berbeda. Sama nama tariannya tapi gerakan berbeda,” ujar Aan.
Selain itu, Aan juga menyadari sektor pariwisata tanpa diikat kebudayaan akan menjadi semu.

“Ibarat kopi tanpa gule, kita ingin kebudayaan dan pariwisata berkolaborasi secara beriring agar masyarakat bisa menikmati kebudayaannya, orang lain juga bisa melihat wisatanya,” kata Aan.

“Melihat apa yang dilaksakan dari Disbudpar memang masih belum memberikan semacam kejutan yang bagus, masih berlari di tempat, masih ada sanggar yang tidak ikut, masih ada yang pasif,” tukasnya. (msi)

Related Search

Tags:
author

Author: