banner 728x90

Warga Bukit Kijang Ngadu ke Dewan

banner 468x60

KOBA-Merasa kecewa dengan hasil penghitungan suara dalam gelaran Pilkades yang digelar Rabu (25/5), sekitar 60 warga desa Bukit Kijang Kecamatan Namang, Kamis (26/5) mendatangi kantor DPRD Bangka Tengah (Bateng) yang disambut langsung Ketua DPRD Bateng, Algafry Rahman.

Pantauan awak media, dalam pertemuan warga dengan Ketua DPRD Bateng bertempat di ruang Banmus tersebut yakni warga menyampaikan aspirasi kekecewaan atas hasil dan teknis perhitungan suara yang membatalkan 59 persen surat suara sehingga tidak masuk hitungan atau tidak sah. Hal tersebut, tentunya menjadi persoalan dan diluar ketentuan yang berlaku sehingga merugikan calon kepala desa.

banner 300x250

Ketua DPRD Bateng, Algafry Rahman kepada awak media menegaskan,pihaknya akan menindak lanjuti laporan masyarakat tersebut dengan mendisposisikan kepada komisi I untuk turun ke lapangan. Karena kalau sampai 59 persen surat suara sempat dikatakan tidak sah, maka hal itu harus dicek kebenarannya. “Kenapa bisa lebih dari setengah surat suara tidak sah, apakah memang warga tidak mengerti dengan teknis pencoblosan atau ada kemungkinan hal lainnya sehingga harus dicek kebenarannya,”ujar Algafry kepada awak media usai menerima warga.

Sebelum ditindaklanjuti lebih jauh, pihaknya meminta agar calon yang kalah bisa menyampaikan keberatan terlebih dahulu agar persoalan tersebut dapat ditindak lanjuti sesuai dengan aturannya yakni Perda Nomor 15 tahun 2015 tentang Pilkades.”Setelah panitia menetapkan calon yang menang, calon lain dapat mengajukan keberatan kepada Bupati paling lambat tiga hari setelah penetapan untuk ditindaklanjuti,”tegasnya.

Dari 59 persen surat suara yang tidak sah disampaikan warga, diantaranya ada surat suara yang tercoblos simetris jadi ada beberapa lobang di kertas suara tersebut dan panitia menganggap tidak sah, tapi di TPS lain dianggap sah dan masih banyak lainnya. “Tentunya, puluhan warga yang datang tersebut merasa pihak panitia tumpang pilih dengan salah satu calon. Untuk itu, kami akan segera menindaklanjutinya,” tandas Algafry. (and)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: