banner 728x90

Waspada Dampak Musim Pancaroba

banner 468x60

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Memasuki antara dua musim utama di daerah iklim muson, antara musim penghujan dan musim kemarau atau sering disebut Pancaroba, terkadang sering membawa dampak negatif bagi manusia. Terutama akan menimbulkan banyak bakteri maupun kuman penyakit.

Menurut Direktur RSUD H. Marsidi Judono, dr. Hendra, Sp.An, ada dua jenis penyakit yang sering timbul seiring dengan musim pancaroba. Pertama penyakit saluran pernapasan dan kedua penyakit saluran penceranaan.

banner 300x250

“Untuk saluran pernapasan biasanya, berupa penyakit flu, pilek dan batuk. Itu dapat terjadi disebabkan oleh infeksi virus dan infeksi bakteri,” katanya saat dihubungi Belitong Ekspres, Selasa (26/9) kemarin.

Dilanjutkan dr. Hendra, Sp.An, sedangkan infeksi saluran penceranaan juga sering muncul. Misalnya yang terjadi berupa diare akut. Terutama, penyakit ini sering menyerang pada anak- anak. Perlu diwaspadai juga penyakit yang bisa ditularkan oleh nyamuk.

“Jenis aedes aegypti ini bisa berupa penyakit demam berdarah (DHF) dan penyakit demam chikungunya atau demam kuning. Bila tidak ditanggulangi dengan adekuat (memadai,red) bisa fatal menyebabkan kematian,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Dan penyakit menular itu menyerang organ tubuh, Direktur RSUD H. Marsidi Judono menghimbau, agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.

“Pesan saya, jaga kesehatan diri dan lingkungan, tidur yang cukup, makan makanan bergizi dan olahraga teratur. Tujuannya supaya meningkatkan daya tahan terhadap penyakit akibat musim pancaroba,” pungkasnya.(wan)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: