banner 728x90

Waspadai Cuaca Ekstrim di Laut

banner 468x60

belitongekspres.co.id, KOBA – Dalam sepekan terakhir ini, cuaca di wilayah Kabupaten Bangka Tengah seringkali berubah-ubah dalam sekejap. Cuaca ekstrim pun kerap terjadi sewaktu-waktu tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Untuk itu, pihak Pemkab Bangka Tengah pun mewaspadai terjadinya laka laut yang dipicu oleh kondisi cuaca ekstrem, seperti angin kencang dan gelombang tinggi.

“Personel kami selalu siaga menghadapi bencana alam. Tidak hanya terjadi di darat berupa banjir. Tetapi, juga laka kapal nelayan akibat cuaca ekstrem yang terjadi di laut,” ujar Kabid Penanggulangan Bencana Sat Pol PP Bangka Tengah, Yufajri saat dijumpai Rabu (19/07) kemarin.

banner 300x250

Ia mengungkapkan, Satpol PP Bangka Tengah memiliki sebanyak 15 personil yang berkemampuan khusus untuk diterjunkan ke titik terjadi bencana alam baik darat maupun di laut. Para personil ini selalu siaga jika difungsikan sewaktu-waktu.  “Sebanyak 15 personel ini selalu siaga dan siap diterjunkan ke lokasi bencana. Mereka sudah terampil karena sudah beberapa kali mengikuti pelatihan khusus,” ungkapnya.
Selain itu, menurutnya Satpol PP Bangka Tengah juga memiliki satu unit kapal khusus dan sejumlah perahu karet yang siap kapan saja untuk dioperasikan.  “Dalam beberapa tahun ini sudah sering terjadi kecelakaan di laut yang korbannya para nelayan. Kami selalu merespon begitu mendapat laporan dari warga,” imbuhnya.

Kendati demikian, penanggulangan bencana alam yang dilakukan hanya berskala kecil karena keterbatasan peralatan dan jumlah personel.  “Kalau terjadi kecelakaan besar, misalnya kapal karam yang menimbulkan banyak korban, biasanya kami akan meminta bantuan Tim SAR Bangka Belitung yang memiliki peralatan lebih lengkap,” tandasnya.(obh)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: