banner 728x90

Wawako & Pasukan Kuning Bersihkan Saluran Taman Mendara

// DLH Keluhkan Limbah Pemotongan Ayam

PANGKALPINANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang terus menggiatkan gotong royong akbar. Di minggu ketujuh ini, tim gotong royong akbar yang terdiri dari pasukan kuning dan tagana Kota Pangkalpinang ini membersihkan saluran di kawasan Taman Mandara, Sabtu (10/2/2018).

Kali ini, aksi bersih-bersih ini dipimpin langsung Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian. Bahkan Sopian pun ikut terjun langsung membersihkan rumput-rumput yang tumbuh menumpuk di saluran tersebut. Hadir Kepala DLH Kota Pangkalpinang, Iwansyah dan Camat Taman Sari, Susanto.

“Gotong royong akbar ini sengaja kita fokuskan pada saluran di kawasan Taman Mandara. Karena endapan sedimen tumbuh-tumbuhan membuat saluran air tak mengalir, ” ujar Iwansyah kepada Babel Pos di sela-sela gotong royong.

Iwansyah menuturkan, meski sudah memasuki minggu ketujuh, namun partisipasi masyarakat masih sangat rendah dalam gotong royong akbar ini. Kendati demikian, pihaknya tetap akan melanjutkan program yang sudah dicanangkan pada awal tahun 2018 lalu.

“Seperti kita ketahui bersama, program ini kan selain untuk membersihkan lingkungan juga sebagai salah satu upaya dalam meminimalisir banjir di Pangkalpinang. Saya yakin kedepan program ini akan mendapatkan respon positif dari masyarakat, karena manfaatnya juga untuk masyarakat,” katanya.

Namun dalam gotong royong kali ini, Iwansyah mengeluhkan keberadaan tempat pemotongan ayam yang berada dikawasan tersebut. Sebab limbah dari pemotongan ayam itu langsung dibuang di saluran.

“Limbah ini tak bisa kita biarkan, secepatnya kita akan koordinasi dengan Camat Gerunggang, karena wilayahnya bagian dari Kecamatan Gerunggang,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian mengapresiasi komitmen DLH untuk terus menggalakkan gotong royong hingga saat ini. Dia pun berharap agar kegiatan ini juga didukung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

“Sebelumnya saya sudah instruksikan beberapa OPD terkait program ini. Dan yang paling komitmen adalah DLH. Saya berharap untuk gotong royong selanjutnya bisa diikuti OPD lainnya. Nah, untuk partisipasi masyarakat, kita akan secara bertahap meningkatkan kesadaran mereka,” tandasnya.(pas)

Related Search

Tags:
author

Author: