banner 728x90

Yayasan Kelenteng Kelapa Kampit Siapkan Ritual Sembahyang Rebut

banner 468x60

belitongekspres.co.id, KELAPA KAMPIT – Dalam rangka menyambut perayaan Chit Nyet Pan Yayasan Kelenteng Kelapa Kampit Belitung Timur (Beltim) kembali akan mengadakan acara sembayang bersama dengan seluruh masyarakat Tionghoa di Pulau Belitung. Perayaan Sembahyang Rebut etnis Tionghoa Belitung dan Beltim ini, agar digelar Selasa (5/9) mulai pukul 18.00 WIB

Warga etnis Tionghoa di Kecamatan Kelapa Kampit pada khususnya kini sudah mempersiapkan perayaan ’Chit Nyiat Pan’ tersebut. “Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk persiapan acara yang akan kami gelar,” ungkap Mantan Ketua Yayasan Kelenteng Kelapa Kampit, Kamarudin Muten, sekaligus Panitia kegiatan ini, Senin (4/9) kemarin.

banner 300x250

Menurutnya, perayaan Sembahyang Rembut merupakan kegiatan ritual yang diselenggarakan secara turun temurun oleh etnis Tionghoa, dan identik dengan adanya reflika patung dewa.

Pria yang akrab disapa Afa ini menjelaskan, ritual tahunan ini selain untuk menambah amal juga untuk memupuk tali persaudaraan antar etnis Tionghoa. Afa sangat berharap, kedepan Pemda Beltim bisa sinergi, untuk menjadikan Chit Nyet Pan sebagai tujuan wisata religi dan budaya.

“Tujuannya agar kegiatan ini nanti menjadi agenda kunjungan wisata tahunan. Sembahyang Rebut khususnya di Kelapa Kampit setiap tahun selalu dibuat meriah,” sebut Afa.

Pada perayaan kali ini, lanjut Afa pihaknya juga akan mengkolaborasikan kegiatan dengan perayaan HUT RI ke 72. Panitia tidak hanya mengadakan acara sembayang bersama,tapi juga mereka akan menghiasi dengan tema kemerdekaan Indonesia.

Selain itu Panitia pun sudah menyiapkan hiburan dengan menghadirkan artis Mandarin untuk menambah semaraknya kegiatan Sembayang rebut. Oleh karena itu Afa juga turut mengundang warga untuk hadir menyaksikan, dengan menyiapkan beberapa hadiah Doorprice yang sudah disiapkan untuk semua warga dan masyarakat yang hadir. (feb)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: