banner 728x90

Yuslih Nilai Relokasi Pelabuhan Bisa Sejalan Dengan Pariwisata

banner 468x60

MANGGAR – Bupati Beltim Yuslih Ihza menilai rencana relokasi pembangunan penyeberangan ASDP Manggar bisa sejalan dengan sektor pariwisata. Pasalnya, titik relokasi yang ditawarkan Pemerintah daerah berada tak jauh di kawasan pantai Serdang.

Usai meninjau relokasi pelabuhan penyeberangan bersama Direktur Prasarana Perhubungan Darat Kemenhub RI, Yuslih setuju jika konsep tersebut dikemukakan sebagai konsep ASDP di masa depan.

“Memang seperti disampaikan sejak awal bahwa nantinya ada keterkaitan dengan pasar dan dengan masyarakat. Jadi ada kaitannya dengan pariwisata,” ujar Yuslih saat berbincang dengan Belitong Ekspres, Senin (12/3) kemarin.

banner 300x250

Dipilihnya titik relokasi tak jauh dari lokasi lama, telah melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah jarak tempuh bila lokasi ASDP berada di Kecamatan Damar maupun Kecamatan Kelapa Kampit (titik relokasi lainnya, red).

“Kita tawarkan yang disini walau ada juga ditempat lainnya tapi pertimbangannya jauh. Ini yang terdekat dan tidak terlalu jauh pindah dari lokasi yang lama,” kata Yuslih.

Selain itu, pertimbangan pemanfaatan teknologi yang mungkin saja diaplikasikan pada pelabuhan penyeberangan. Meski demikian, semuanya harus dipertimbangan agar anggaran yang dikucurkan nantinya benar-benar menghasilkan pelabuhan yang representatif.

“Tantangan bisa diatasi dengan teknologi, cuma teknologi nya jangan sampai lebih besar biayanya daripada pembuatan. Silahkan kalau perlu dikaji, dikajilah,” ujar Yuslih.

Kita berkoordinasi dengan balai. Kita memang carikan lokasi pengganti ASDP karena pengembangan (lokasi sekarang, red) sulit dan ruang sempit dan ini baru salah satu yang kita tawarkan di Damar dan Kampit,” tukasnya. (msi)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: