banner 728x90

Yusril Jamin Dok Kapal Segera Terealisasi

banner 468x60
foto-tengah

Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, saat diwawancarai terkait pembangunan dok di Lipat Kajang Manggar, Selasa (18/10) kemarin.

MANGGAR – Direktur Ihza and Ihza Law Firm, Prof.Dr.Yusril Ihza Mahendra akan terus mendorong pembangunan Dok reparasi kapal dan pembuatan kapal baru berbahan baja, almunium, dan fiberglass di Lipat Kajang Manggar segera terwujud. Ia juga mengatakan akan menjamin serta terus membantu kebutuhan kawan-kawan pengusaha yang akan berinvestasi.

banner 300x250

“Saya terus akan mendorong teman-teman untuk lebih cepat mengerjakan proyek ini. Kepada PT.Galangan Manggar Billiton (PT.GMB) dan PT.Dok dan Perkapalan Air Kantung (PT.DAK) Saya minta segera merapikan tempat ini dan memulai operasinya,” ungkap Yusril kepada Belitong Ekspres seusai Peninjauan di Lokasi Dok Lipat Kajang Manggar, Selasa (18/10) kemarin.

Yusril yang merupakan Adik Bupati Beltim, Yuslih Ihza itu menyatakan, sebagai inisiator dirinya berani pasang badan mengingat saat ini mengingat kondisi pemerintahan yang sudah kondusif. Ia tak ingin peristiwa 10 tahun lalu, dimana pemerintah daerah lambat bereaksi terhadap investor terulang kembali.

“Kan sayang tempatnya bagus. Saya ingin cepat supaya tidak terulang kasus 10 tahun lalu, yang membuat mereka kecewa terus pindah investasi (Dok dan Galangan kapal) harus ke Batam. Hanya Saya melihat pemerintah daerah sekarang lebih familiar dan kondusif,” sebut Yusril.

Ia menjelaskan pada saat rapat awal minggu lalu di kantornya, Jakarta Rabu (12/10), Yusril menyebutkan bahwa Direktur Operasional PT Timah Tbk, Muhammad Rizky dan jajarannya, mengatakan pada dirinya jika sekitar Januari 2017 mendatang Dok tersebut akan mulai beroperasi, dengan mengemas secara bertahap.

“Minggu kemarin Direktur Operasional PT.Timah (Tbk) mengatakan kepada Saya mudah-mudahan Januari 2017 sudah memulai kerja kecil-kecilan. Tahap pertama ini rencana akan menyerap 50 orang, nanti baru hingga ribuan pekerja,” sebutnya.

Bahkan Yusril menyebutkan untuk berinvestasi bukan hanya pada Dok dan galangan kapal. Ia juga memastikan akan membuka tempat pangkalan Stasiun BBM dan gas, serta adanya costraid (Pabrik es) dikawasan Dok, sehingga juga bisa dijadikan sebagai pelabuhan untuk nelayan.

Disamping itu, Yusril juga berencana akan membangun hotel dan bangunan lainnya, seperti lapangan golf yang rencana akan di buka di kawasan Burung Mandi, serta kawasan A1 Bukit Samak Manggar, agar wisatawan tidak akan hanya menikmati pariwisata di Tanjung Kelayang saja.

“Untuk kawasan Burung Mandi yang jelas sudah banyak langkah majunya, karena sudah ada izin lokasi dan izin prinsif dan sekarang masih mengurus HGB nya. dan ini memang merupakan proyek investasi yang besar. Karena jujur disini Saya juga melibatkan Pak Gita Wiryawan dan juga kawan kawan yang lain, hingga pariwisata pulau Belitung itu kedepannya akan merata,” terang mantan Sekneg RI.

Sementara itu, Bupati Beltim Yuslih Ihza yang turut mendampingi peninjauan mengatakan akan membantu kemudahan percepatan pembangunan dok. Ia berkoordinasi dengan SKPD dan instansi terkait perizinan, pertanahan, dan energi listrik.

“Sebagai Kepala daerah saya akan berkoordinasi dengan SKPD terkait perizinan, pertanahan, dan perhubungan, perikanan. Sarana listrik juga saya sudah koordinasi dengan kepala PLN Bangka Belitung, mereka menyatakan sudah siap pembuatan PLTU,” papar Yuslih.

Terkait kebutuhan pendalaman alur sungai, Ia menyebutkan Pemkab beltim sudah menyiapkan anggaran untuk pengerukan alur Sungai Manggar. Nantinya seiring dengan pembangunan Dok,  Dinas Perhubungan akan melakukan pendalaman alur sepanjang 1.200 meter. Hal ini untuk mempermudah masuknya kapal-kapal besar ke Dok.

“Selaian mempermudah perizinan, kita juga bantu pendalaman alur sungai. Kita sudah siapkan anggaran untuk pengerukan pendalaman alur muara sepanjang 1.200 meter,” jelas Yuslih.

Ia berharap dengan dibukanya Dok ini, akan membuka lapangan pekerjaan baru dan peningkatan kehidupan ekonomi kepada masyarakat Beltim pada khususnya. (feb)

Related Search

banner 468x60
Tags:
author

Author: