banner 728x90

Yusril Menyatakan Akan Siap Bantu

banner 468x60

*Untuk Selesaikan Sengketa Lahan Pelabuhan ASDP Manggar

utama-edisi-21-januari-2017

Pertemuan Yusril Ihza Mahendra dengan Bupati Beltim Yuslih Ihza yang juga merupakan abang kandungnya di ‎ruang Kantor Ihza & Ihza Lawfirm, Tower Casablanka, Jakarta, Jum’at (20/1) kemarin. Foto : ist

MANGGAR – Komisaris PT Galangan Manggar Billiton (GMB), Prof,Dr.Yusril Ihza Mahendra mengatakan akan membantu proses penyerahan lahan yang terdampak pembangunan bangunan pelabuhan ASDP Manggar. Ia akan mengupayakan penyelesaian terbaik untuk permasalahan sengketa lahan antara PT GMB dengan Pemkab Beltim tersebut.

banner 300x250

“Masalah ini harus segera diselesaikan. Artinya sekian lama masalah ini tertunda-tunda, bupati sudah berganti bupati baru. Sekarang kita cari jalan kompromi yang paling baik dengan semua pihak,” ungkap Yusril kepada wartawan, saat ditemui Bupati Beltim, Yuslih Ihza dan rombongan SKPD Kabupaten Beltim, terkait di Ruang Kantor Ihza & Ihza Lawfirm, Tower Casablanka, Jakarta, Jum’at (20/1) kemarin.

Adik Kandung Bupati Beltim, Yuslih Ihza,SE tersebut mengungkapkan penghibahan lahan oleh PT GMB kepada Pemda merupakan salah satu jalan terbaik penyelesaian permasalahan. Namun, Ia menekankan keputusan harus dibicarakan dulu dengan Direktur Utama dan Komisaris lainnya.

“Kalau pribadi saya sih gak masalah, lahannya dihibahkan saja. Hanya kan saya tidak bisa ambil keputusan sendiri, ada komisaris lainnya, harus dibicarakan dulu,” ujar Yusril.

Pakar Hukum Tata Negara itu meyakinkan jika PT GMB tidak akan meminta kompensasi lahan kepada pemerintah. Apalagi menurutnya, PT GMB juga akan diuntungkan dengan adanya pengerukan alur pelayaran ASDP Manggar.

“Tidak akan kita minta kompensasi, keuangan pemerintah kan tidak memungkinkan. Saya akan berusaha meyakinkan kawan-kawan lain untuk setujui penghibahan lahan tersebut nantinya. Dan, Pengerukan ini juga untuk kepentingan umum,” sebut Yusril.

Dikatakan Yusril, kepastian jawaban proses penyelesaian lahan akan segera didapat dalam kurun satu minggu ini. Saat ini, diungkapkannya jika rekan-rekannya masih berada di luar negeri.

“Minggu-minggu inilah keputusannya. Kawan-kawan masih di Singapura, begitu mereka datang saya bicarakan. Kita juga ingin masalah ini cepat selesai,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Beltim, Yuslih Ihza sengaja menyempatkan waktunya bertemu Yusril untuk membicarakan permasalahan lahan Pelabuhan ADSP Manggar tersebut. Ia meminta agar adiknya tersebut mampu memfasilitasi dan mencari solusi terbaik.

“Kita mengharapkan solusi terbaik, saya minta masalah ini cepat diselesaikan,” kata Yuslih.

Yuslih yang sebelumnya menemui pejabat di Kementerian Perhubungan RI menyatakan pengerukan muara pelabuhan Manggar sangat bergantung dengan hasil penyesaian tersebut. Ia pun berharap PT GMB akan menyetujui penghibahan lahan.

“Mudah-mudahan meraka akan hibahkan. Ini kan untuk kepentingan masyarakat luas, baik pelayaran kapal penyeberangan, dok dan galangan kapal maupun nelayan yang melaut,” tutupnya.‎

(feb/hms)

Related Search

banner 468x60
Rate this article!
Tags:
author

Author: