1 Pasien Corona Belitung Sembuh

by -
1 Pasien Corona Belitung Sembuh
Bupati Belitung Sahani Saleh

Masih Akan Dikarantina 14 Hari di SKB
Hasil Swab ke Negatif Baru Dipulangkan

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kabar baik, pasien 211 positif virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Belitung, dinyatakan sembuh. Kepastian itu setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung menerima hasil pemeriksaan dari Puslitbangkes Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Kemenkes RI.

Sebelumnya swab tenggorokan keempat milik pasien laki-laki umur 34 tahun itu telah dikirim pada hari Jum’at, (17/04) akhir pekan lalu. Hasilnya, pasien kedua positif Corona di Belitung negatif. Demikian, pasien ini menjadi pasien pertama di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang sembuh dari  Covid-19

“Hari ini, Senin 20 April 2020 diinformasikan kepada seluruh masyarakat bahwa adalah benar adanya pasien 211 positif Covid-19 di Kabupaten Belitung telah dinyatakan Sembuh oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional,” Kata Bupati Belitung Sahani Saleh dalam siaran pers, Senin (20/4).

Menurut pria yang karib disapa Sanem, pasien positif Corona keempat di Provinsi Babel itu, telah mendapatkan perawatan di ruangan isolasi B Covid-19 Center RSUD dr H Marsidi Judono selama sembilan hari sejak hari Sabtu, (11/04). Selama masa perawatan, kesehatan pasien 211 dalam kondisi baik, tidak ada keluhan gejala sama sekali.

“Kemudian, pasien 211 mendapatkan standar terapi atau pengobatan sesuai kondisi. Terhadap pasien 211 telah dilakukan dua kali swab tenggorokan (ketiga dan keempat), untuk diperiksa dengan metode PCR yang semua hasilnya Negatif,” terang Sanem.

Meski sudah dinyatakan sembuh, pasien 211 masih akan menjalani karantina terpusat di tempat milik Pemerintah Kabupaten Belitung, yaitu di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Desa Perawas Tanjungpandan. Gedung SKB ini khusus untuk penanganan pasien-pasien terkait Covid-19.

“Karantina di SKB selama 10-14 hari kedepan, sambil menunggu hasil swab ke 5 yang akan dilakukan pada hari ke 7 masa karantina terpusat. Setelah swab kelima hasilnya Negatif, barulah pasien tersebut diperbolehkan pulang ke rumah, dan melakukan aktifitas sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” tandas Sanem.

Hasil Swab Pasien 34 Masih Positif

Selain itu, pada Senin (20/04) Pemkab Belitung, kembali menerima hasil pemeriksaan dari Puslitbangkes Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Kemenkes RI terkait spesimen swab tenggorokan keenam milik pasien 034, yang sebelumnya dikirim pada hari Jum’at, (17/04). Hasilnya, kembali positif.

Sementara hingga saat ini RSUD dr H Marsidi Judono yang merupakan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 masih merawat dan mengisolasi 16 pasien. Terdiri dari 1 pasien positif Covid-19 telah sembuh, 3 pasien positif Covid-19, 4 pasien PDP, 5 pasien ODP, dan 3 pasien OTG.

Ditambahkan Sanem, Tim Gugus Tugas Covid-19 RSUD dr H Marsidi Judono kembali akan mengirimkan 14 spesimen swab tenggorokan ke Puslitbangkes Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Kemenkes RI di Jakarta, untuk dilakukan pemeriksaan PCR.

“Ke 14 spesimen yang dikirim Senin (20/04), yaitu spesimen swab tenggorokan milik 2 pasien positif Covid-19, 3 pasien PDP, 6 pasien ODP, dan 3 pasien OTG,” kata Sanem sembari mengajak kepada seluruh masyarakat Belitung, bersama-sama memanjatkan doa kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga Belitung dapat melalui bencana non alam ini, tidak ada lagi korban-korban positif Covid-19 berikutnya. Semoga tidak ada lagi penambahan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Belitung,” harap Sanem. (dod)

Editor: Yudiansyah