10 Ribu Bibit Buah dari KLHK Dibagikan ke Petani Belitong

Kasi Evaluasi BPDAS HL Batu Rusa Cerucuk Taufik Aulia, menyerahkan simbolis bibit jambu kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Belitung Destika.

TANJUNGPANDAN – Sebanyak sepuluh ribu bibit tanaman berbagai jenis buah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dibagikan kepada masyarakat petani Pulau Belitong, di Desa Perawas, Kamis (18/4).

iklan swissbell

Kasi Evaluasi BPDAS HL Batu Rusa Cerucuk Taufik Aulia mengatakan, ribuan bibit tanaman buah sudah tiba di Tanjungpandan beberapa hari lalu. Dan, kini sudah diserahkan ke Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Belitung untuk disebarkan.

Baca Juga:  PDIP Buka Diri untuk Non Kader

Dari sepuluh ribu tanaman ini akan dibagi dua. Yakni Kabupaten Belitung sebanyak kurang lebih 5.700 bibit. Sedangkan sisanya diberikan ke Kabupaten Belitung Timur, untuk disebar kepada para petani maupun masyarakat.

“Bibit buah-buahan ini meliputi buah jambu, hingga manggis. Bibit ini didatangkan langsung dari Jawa Barat. Selain itu juga ada bibit Durian Namlum dari Pulau Bangka,” jelas Taufik Aulia.

Dia menambahkan total pemberian dari Kementrian LHK ini mencapai Rp 200 juta. Dia berharap, dengan adanya pembagian bibit ini, masyarakat Belitung gemar bercocok tanam. Apalagi, struktur tanah sangat cocok ditumbuhi tanaman tersebut.

Baca Juga:  Kunjungan Wisman ke Belitung Naik 23 Persen

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Belitung Destika mengatakan, dirinya akan meminta data kepada rekan-rekan dari BPDAS mengenai penyebaran tanaman di wilayah Belitung. Setelah itu, ia akan melakukan pemantauan.

Pembagian bibit ini merupakan program dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belitung. Yakni pembagian bibit gratis kepada masyarakat maupun para petani, agar menanam tumbuh-tumbuhan.

“Sumbernya dari BPDAS. Semua tanaman yang akan disebar merupakan tumbuhan berkualitas. Kita bisa lihat pada tanaman ini memiliki label. Setelah pembagian kita akan lakukan monitoring, lokasi-lokasi mana saja yang akan ditanam,” pungkasnya. (kin)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply