100 Persen SMP Pangkalpinang Siap UNBK

by -

PANGKALPINANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Pangkalpinang memastikan bahwa tahun ini seluruh SMP di Kota Pangkalpinang siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kesiapan tersebut seiring sudah lengkapnya komputer yang dimiliki sekolah saat ini.

“Ini bagus untuk Pangkalpinang. Sebelumnya kita hanya menargetkan 70 persen saja, tapi setelah kita lihat kembali maka Pangkalpinang siap 100 persen menggelar UNBK untuk tingkat SMP,” ungkap Kepala Dindikbud Kota Pangkalpinang, Drs Edison Taher kepada Babel Pos, Minggu (22/1) kemarin.

Ia mengemukakan, kesiapan Pangkalpinang dalam melaksanakan UNBK ini sudah melebihi target nasional. Karena secara nasional, katanya, kesiapan daerah rata-rata baru mencapai 50 persen.

Oleh karenanya, lanjut Edison, lantaran kesiapan Pangkalpinang sudah 100 persen, maka pelaksanaan UNBK cukup digelar satu gelombang saja. Karena bagi sekolah yang belum memiliki komputer cukup bisa menggunakan komputer sekolah lainnya. “Yang tidak punya komputer kita sharing dengan SMA/SMK. Misalnya untuk SMPN 4 UNBKinya di SMKN 1,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Edison, berdasarkan surat edaran Mendikbud bahwa setiap kepala daerah diminta agar mengoptimalkan dan membantu penyiapan komputer di sekolah untuk pelaksanaan UNBK. Dan untuk Kota Pangkalpinang, dia menilai hal itu sudah dilakukan oleh Walikota Pangkalpinang.

“Jadi kita terima kasih kepada Pak Walikota, karena sejak dari tahun 2015 lalu, beliau sudah fokus dalam menyiapkan komputer untuk seluruh sekolah baik itu negeri maupun swasta dan tahun ini pun akan terus ditambah,” terangnya.

Dia menambahkan, jika sudah 100 persen UNBK, maka secara otomatis integritas Kota Pangkalpinang akan semakin tinggi. Karena dalam UNBK, soalnya berbeda-beda.

“Mudah-mudahan tahun ini integritas kita tinggi, bila perlu peringkat pertama di Indonesia. Karena sebelumnya kita sudah peringkat dua nasional,” pintanya.

Seperti diketahui bersama, jadwal UN dan USBN tingkat SMP akan berlangsung pada tanggal 2, 3 4 dan 15 Mei mendatang. Rencananya untuk Kota Pangkalpinang akan diikuti sebanyak 24 SMP negeri dan swasta. (pas)