116 Sarjana Daftar Penyidik

by -

PANGKALPINANG – Sebanyak 116 sarjana dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi menjadi Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu Polri tahun anggaran 2015.
“Dari 116 sarjana yang mendaftar tersebut, 24 diantaranya pendaftar wanita dan sisanya 92 pendaftar laki-laki. Semua pendaftar itu harus mempersiapkan diri menghadapi Tes Kesamaptaan yang dilaksanakan pada Kamis (10/9) pagi,” ujar Kabid Humas Polda Babel, AKBP Abdul Mun’im, Rabu (9/9).
Ia mengatakan, pendaftaran penerimaan Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu Polri resmi ditutup pada hari ini dengan jumlah pendaftar sebanyak 116 orang.
“berdasarkan jumlah pendaftar, peminat asal Babel yang berniat masuk bergabung menjadi aparat penegak hukum ditubuh Polri ini cukup tinggi,” ungkapnya.
Ia berharap seluruh pendaftar tersebut benar-benar memenuhi klasifikasi yang ditentukan sehingga mampu bersaing dengan pendaftar asal luar daerah dan lolos seleksi menjadi penyidik pembantu Polri nantinya.
“Untuk penerimaan ini, Mabes Polri membuka pendaftaran penyidik pembantu dengan kuota 450 orang, yakni 400 pria dan 50 wanita. Nantinya peserta yang lolos seleksi siap menjalani pendidikan selama tujuh bulan di Pusdikpolair jalan Pulau Pondok Dayung Tanjung Priok Jakarta utara 6 Oktober mendatang,” terangnya.
Adapun sistem seleksi dilaksanakan dengan sistem gugur, mulai dari Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal, Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Tahap I, Tes Psikologi, Tes Akademik Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Rikkes Tahap II, Tes Kesamaptaan Jasmani, Pendalaman PMK, Rikmin Akhir serta Sidang Terbuka Lulus Tingkat Panitia Daerah.
“Untuk persyaratannya meliputi, pendaftar belum pernah menjadi anggota Polri, berijazah minimal S1 dengan program studi yang terakreditasi BAN-PT dan wajib melampirkan tanda lulus atau ijazah yang dilegalisir dan diketahui oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik dengan nilai rata-rata IPK minimal 2,50,” tandasnya. (ant/rb)