12 Tahun Berdiri, Beltim Belum Ada Kelurahan

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Desa Kurnia Jaya dan Desa Baru Layak Jadi Kelurahan

MANGGAR – Di hari jadi kabupaten Belitung Timur (Beltim) ke-12, beberapa usulan dan evaluasi untuk perkembangan Beltim ke depan muncul dari berbagai pihak. Salah satunya berasal dari Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Beltim, Dato’ Oman Anggari, SH.

Usai melakukan pembahasan bersama Tata Pemerintahan Setda Beltim mengenai pentingnya tapal Batas Desa, Pria yang akrab disapa Dato’ Oman ini, kepada wartawan mengungkapkan perlunya Kabupaten Beltim kelurahan yang kini belum ada. “Sudah layak, masa suatu Kabupaten tak ada kelurahan,” cetusnya.

Baca Juga:  Tongkang 2.500 Zirkon Karam, Syahbandar Sebut Izin Lengkap

Menurut Dato’ desa-desa di Kecamatan Manggar Beltim, ada desa-desa yang memang memungkinkan untuk dijadikan kelurahan. Desa-desa tersebut diantaranya desa Kurnia Jaya dan Desa Baru. “Di kedua desa ini banyak berdiri perkantoran-perkantoran swasta, pusat-pusat bisnis. Ini kan sumber PAD bagi Kabupaten,” ujar Dato’

Tidak hanya di kedua desa tersebut, imbuhnya. Desa-desa di Kecamatan Kelapakampit dan Gantung juga berpotensi dijadikan kelurahan.

“Misalnya Desa Pembaharuan di Kelapa Kampit. Begitu juga Desa Lenggang tepatnya kawasan Pasar Gantung. Kedua desa tersebut kan terdapat pasar yang memiliki komplek dan perkantoran swasta seperti kantor perbankan,” ujar Dato’.

Baca Juga:  Selama Lebaran, di Beltim Nihil Laka Maut

Bahkan dulu, sekira tahun 1959 daerah Pasar Lipat Kajang Manggar, disebut Kelurahan Lipat Kajang. “Mungkin pada waktu itu, sebutan desa dan kelurahan masih belum dibedakan. Namun sekarang, sistem administrasinya disesuaikan dengan undang-undang yang baru,” jelas Dato’

Lebih lanjut dijelaskannya, Kalau sebuah desa sudah menjadi kelurahan, tentu pegawai-pegawainya, sebagian besar akan diisi oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Minimal untuk Lurah, Sekretaris dan Kasi-kasinya. “Kalau memang bagus, tentunya mengapa tidak, dan tak perlu dihalang-halangi,” pungkasnya. (feb)

Tags:
author

Author: