29 Juni, Dikirim ke Semarang

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

    PANGKALPINANG – Enam calon siswa Akademi Kepolisian asal Bangka Belitung bakal dikirimkan ke Semarang untuk menempuh pendidikan setelah pengumuman pada 29 Juni 2015. Kepala Bagian Dal Pers Biro SDM Polda Babel, AKBP Frenky Yusandy mengatakan, saat proses penerimaan calon siswa Akpol sudah memasuki tahap pengumuman.
    “Nanti pada 29 Juni 2015 mereka yang lulus akan dikirim ke Semarang untuk mengikuti pendidikan, namun belum tentu keenamnya ini bisa lulus,” kata Frenky, Rabu (24/6).
    Untuk kelulusan, kata Frenky, akan ditentukan berdasarkan ranking dari keenam calon seperti bobot nilai hasil tes yang dilakukan sejak awal hingga saat ini. “Bisa saja nanti yang dikirimkan hanya 4 atau 5 orang seperti tahun lalu. Namun pengumumannya nanti kita lakukan secara transparan dengan mengundang orang tua calon siswa,” tukasnya.
    Ia menambahkan, dari keenam calon siswa Akpol ini terdiri dari 5 laki-laki dan satu wanita. Memang diakui Frenky, sangat sulit untuk mencari calon polisi wanita (Polwan) di Babel. Ia menyebutkan, jumlah bintara yang mendaftar untuk pria 1.021 orang dan wanita 129 orang. Tetapi selama proses seleksi, banyak yang tidak memenuhi persyaratan seperti kesehatan, jasmani maupun administrasi.
    “Yang daftar sangat banyak, untuk pria ada 1.021 orang dan wanita 129 orang. Namun setelah melalui tahapan seleksi dan tes, saat masih tersisa 191 calon bintara pria dan 25 wanita,” ujarnya.
    Jika dilihat untuk calon bintara tambah dia, kuota bintara wanita sebanyak 44 orang, sedangkan yang ada saat ini tersisa 25 orang. Itu berarti Polda Babel tetap belum bisa memenuhi kuota bintara Polwan.
    Ia berharap, mudah-mudahan tahun 2015 ini, kuota brigadir pria mencukupi dan tidak perlu lagi harus ditutupi dari Polda Sumbagsel terdekat seperti Palembang atau Lampung, untuk memenuhi kuota tersebut. “Untuk tahun ini kita kembali kekurangan kuota brigadir Polwan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya kita mendapat bantuan dri Polda Lampung dan Polda Sumsel,” tandasnya seraya mengatakan Polda Babel mendapat kuota sebanyak 3 orang untuk Akpol, 179 orang untuk brigadir dan 56 orang untuk tamtama brimob. (CR62)

Rate this article!
author

Author: