13.307 Siswa SMA Sederajat Siap Ikuti UN

by -

PANGKALPINANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menegaskan bahwa 13.307 siswa-siswi SMA/SMK/MA yang ada di Babel siap mengikuti Ujian Nasional (UN) yang digelar April mendatang.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Babel, M.Soleh, Jumat (6/3) kemarin. Ia menjelaskan, dari total siswa yang akan mengikuti UN tersebut diantaranya 6.102 siswa SMA, 6.153 siswa SMK dan 1.052 siswa MA. Sedangkan untuk siswa paket C ada 1.163, SMA LB (luar biasa) ada 13 siswa.
“Jumlah siswa siswi SMA,SMK, MA, SMA LB dan paket C ini sudah fix, hanya siswa SMP/MTs, paket B dan SMP LB saja yang belum fix karena masih banyak perubahan. Sementara ini jumlah siswa/siswi SMP/MTs yang sudah terdaftar UN ada 19.215, paket B ada 977 dan SMP LB ada 29 siswa,” ujarnya.
Dijelaskan Soleh, pelaksanaan UN tingkat SMA akan dilaksakan melalui dua tahap, yakni tanggal 07-09 April bagi SMA/SMK yang menggunakan online/CBT dan 13-16 April 2015 bagi sekolah yang ujiannya tertulis.
“SMA dan SMK yang UN-nya dengan online/CBT yakni SMAN 1 Pangkalpinang, SMAN 1 Pemali dan SMAN 1 Manggar. Untuk SMK-nya, SMKN 1 dan SMKN 2 Pangkalpinang, SMK 1 Sungailiat, SMK Yapentob Toboali dan SMKN 1 Kelapa Kampit Belitung Timur,” terang Soleh.
Ia menambahkan, SMA dan SMK yang menggunakan sistem online dibagi tiga sesi dalam satu hari, dan pelaksanaan ujian untuk satu mata pelajaran 90 menit. “Waktu pengerjaan soal satu setengah jam, dan master soal UN nanti kita dapat dari pusat, karena Pusat kerjasama dengan percetakan yang ada di Bogor,” tutupnya. (eza)