14 Siswa PSHT Belinyu Tes Jambon

by -

foto B

SAMBUNG : Dua siswa dari PSHT Ranting Belinyu mempraktekkan pelajaran teknik yang sudah di pelajari dalam sambung saat tes kenaikan tingkat dari polos ke jambon, di SMP 1 Riau Silip, Minggu (1/3). Foto : Dok PSHT for Radar Bangka

RIAUSILIP – Sedikitnya 14 siswa Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Belinyu, Cabang Bangka, mengikuti tes kenaikan tingkat dari polos ke jambon, Minggu (1/3). Ketua PSHT Ranting Belinyu Jam’an mengatakan, ke-14 siswa ini berasal dari dua rayon. Yakni rayon Riau Silip dan Parit 19 Belinyu. “Total semua ada 14 orang,” kata dia.
Menurut Jam’an, tes kenaikan tingkat ini merupakan tradisi disetiap latihan PSHT. Untuk bisa mengikuti ujian dan layak mendapatkan sabuk jambon, maka setiap siswa harus diuji pemahaman materi. Mulai dari senam dasar, jurus hingga sambung (sparing-red). “Kalau sambung di PSHT bukan kita diadu, tapi untuk mempertebal rasa persaudaraan kita antar sesama siswa. Selain itu juga untuk mempraktekkan pelajaran yang sudah diterima selama latihan,” bebernya.
Jam’an mengatakan, di PSHT yang diutamakan bukan pencak silatnya melainkan persaudaraan. Persaudaraan itu kata dia, sudah mulai ditumbuhkan sejak masih siswa. “Pencak silat itu nomor sekian kalau di PSHT. Yang lebih utama adalah persaudaraan yang tidak membedakan siapa kamu, siapa aku dan lainnya,” ucapnya.
Ia mencontohkan, pada pelaksanaan tes kali ini para pelatih dan siswa tidak hanya berasal dari Kecamatan Belinyu saja. Tapi ada siswa dari PSHT Rayon SMA 1 Pemali. “Memang mereka tidak ikut tes tapi karena semua bersaudara ya mereka ikut menghadiri. Dengan itu, yang belum mengenal bisa saling mengenal, yang sudah kenal bisa semakin akrab,” tutupnya.(rel)