169 Calon Jemaah Haji Belitung Batal Berangkat ke Tanah Suci

by -
169 Calon Jemaah Haji Belitung Batal Berangkat ke Tanah Suci
Kepala Kantor Kemenag Belitung, H Masdar Nawawi.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sebanyak 169 calon jemaah haji Kabupaten Belitung dipastikan batal berangkat ke tanah suci pada tahun 2021 ini. Kepastian itu sesuai siaran pers Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang diterima Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung, H Masdar Nawawi mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 yang malanda dunia, kesehatan juga keselamatan jiwa jemaah lebih utama dan harus dikedepankan. “Ya tahun 2021 batal sesuai dengan KMA 660 Tahun 2021,” kata Masdar kepada Belitong Ekspres, Kamis (3/6).

Masdar menjelaskan, 169 calon jemaah haji tahun 2020 yang batal berangkat ke tanah suci terdiri dari 71 laki laki 98 wanita. Adapun rinciannya Kecamatan Tanjungpandan 101 jemaah, terdiri dari 41 laki laki dan 60 wanita, Kecamatan Sijuk 20 orang terdiri dari jamaah 8 laki laki dan 12 wanita.

Selain itu, Kecamatan Selat Nasik 32 jemaah tediri dari laki-laki 14 orang dan wanita 18 orang, Kecamatan Membalong 10 jemaah terdiri dari laki-laki 6 orang dan wanita 4 orang dan Kecamatan Badau 6 jemaah, terdiri 4 laki laki dan 2 orang wanita.

Karena itu, dia menghibau kepada jemaah calon haji Belitung tetap tegar dan selalu bersabar atas keputusan pemerintah tersebut. Sebab hal ini demi keselamatan dan keamanan jamaah itu sendiri dengan situasi pandemi Covid-19. “Insyaallah bagi calon jemaah haji ini akan menjadi perioritas untuk pemberangkatan pada tahun 2022,” sebutnya.

Ia menambahkan, pembatalan keberangkatan berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia baik dengan kuota haji Indonesia maupun kuota haji lainnya. Jemaah reguler dan haji khusus, yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 2020 akan menjadi prioritas pada penyelenggaraan ibadah haji 2022.

‚ÄúSetoran pelunasan Bipih dapat diminta kembali oleh jemaah haji yang bersangkutan. Jadi uang jemaah aman. Dana haji aman,” pungkas Masdar. (dod)