Putra Beltim jadi Wasit Porprov XIII Yogyakarta

by -

foto A

Foto: Oskar Habib, saat memimpin salah pertandingan sepakbola di Beltim

MANGGAR – Wasit muda asal Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mendapat kepercayaan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIII di Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta, pada 19 Oktorber hingga 26 Oktober 2015 mendatang . Bahkan, wasit muda Beltim bernama Oskar Habib ini, dipercayai untuk memimpin pertandingan Sepakbola di Stadion Cangkring Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta.

Pria kelahiran, Tanjung pandan 13 Maret 1995, sebelumnya juga pernah memimpin beberapa kali kompetisi atau turnamen Sepakbola yang dilakoninya sejak debut pertamanya di lapangan hijau, di Kabupaten Beltim.

Mahasiswa semester tujuh Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini, merasa bangga bisa diajak Pemerintah Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta menjadi wasit Porprov yang akan mempertandingkan 34 cabang olahraga.

“Saya bangga bisa diajak dan diikutkan dalam bagian wasit Sepakbola pada Porprov DI Yogyakarta tahun ini, Sebenarnya sih resmi pelaksanaannya akan dilaksanakan pada 19-26 Oktober mendatang, namun karena bertepatan dengan jadwal Pra PON, maka dari itu ada beberapa cabang olahraga dilaksanakan terlebih dahulu, seperti cabang Sepakbola,” ungkap Yos sapaan akrabnya yang kini genap berusia 20 tahun.

Alumni SMAN 1 Kelapa Kampit, berawal kiprahnya di dunia perwasitan sejak tahun Tahun 2011 (Usia16 Tahun). Pada saat itu sudah memberanikan diri untuk memimpin wasit pada Piala Kades Cendil Kecamatan Kelapa Kampit untuk kompetisi U-12.

Sedangkan Pendidikan Wasit, pertama kalinya diikuti pada tahun 2013 (Usia 18 Tahun) C-3 untuk Kabupaten mewakili Beltim, dan dilanjutkan kursus Wasit Sepakbola yang diadakan oleh Asprov PSSI DI.Yogyakarta (Kabupaten Bantul) tahun 2013 lalu. Lantas, diteruskan dengan kursus wasit sepakbola yang diadakan oleh Asprov PSSI DI.Yogyakarta (Lokasi Sleman).

Pada tahun 2015 ini, dengan memperoleh wasit berlesensi C-2 Provinsi berhasil diajak mengikuti dan mewakili Kota Yogyakarta untuk memimpin pertandingan sepakbola pada Porprov tahun 2015.

Alasan Yos berani mengambil keputusan untuk menjadi wasit muda, hanya untuk memperbaiki kualitas sepakbola di Indonesia pada umumnya. Dan khususnya di Pulau Belitung agar menjadi lebih baik, dari sebelum sebelumnya.

“Keputusan ini sengaja saya ambil dan dengan penuh niat yang baik, meski diusia yang muda ini saya hanya ingin menjadikan dan memperbaiki kualitas sepakbola menjadi lebih baik lagi,” ujar bungsu dari tiga bersaudara, pasangan Tom Haryono Harun dan Rengga Astuti ini.

Dengan kepribadian dan semangat mudanya, Yos berharap, semoga kedepan akan semakin banyak lagi anak muda yang tertarik menjadi wasit. Dan berani memberikan keputusan yang bijak, lugas, dan benar sesuai apa yang dilihat di lapangan hijau. (feb)

 

 

ket foto : Oscar Habib atau yang akrab disapa Yos.