2 ABK Alami Luka Bakar Serius

by -

*Korban Kapal Tanker KSOB yang Terbakar di Laut Beltim

Korban luka bakar serius, yang sempat dirawat secara intensif dengan balutan perban putih di IGD RSUD Beltim.

Korban luka bakar serius, yang sempat dirawat secara intensif dengan balutan perban putih di IGD RSUD Beltim.
MANGGAR – Empat korban anak buah kapal (ABK) Kapal Tangker KSOB Kapuas tujuan Jakarta -Pontianak yang dikabarkan terbakar di 41 mil wilayah perairan Belitung Timur (Beltim), Selasa (26/4) dini hari kemarin berhasil dievakuasi. Dua korban yang di antaranya mengalami luka bakar serius tiba di Pelabuhan ASP Manggar sekira pukul 00.10 WIB.

Korban luka bakar serius Kapal Tangker KSOB Kapuas yang disewa pihak Pertamina ini, langsung dilarikan ke IGD RSUD Beltim dan sempat mendapat perawatan intensif. Keduanya adalah Abdi (21), asal Medan dan Masrul (40), asal Jakarta.  Sementara dua yang selamat yaitu, AKB Dwi sarjono (35) Asal malang danYuskar (39) asal Purworejo.

Keempat korban  sekitar pukul 16.30 WIB Selasa (26/4) kemarin berpamitan dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu. Mereka pulang berempat dijemput pihak perusahaan dan dokter dari pertamina dengan menggunakan pesawat carteran.

Kepala KUPP Kelas I Manggar, Nugroho menyatakan, membenarkan kapal yang dikabarkan terbakar di perairan Beltim adalah kapal dengan nama SPOB Kapuas. Kapal tersebut adalah kapal minyak yang dioperasikan oleh pihak Pertamina. Namun demikian, pihaknya belum mengetahui pasti kronologis kejadian terbakarnya kapal SPOB Kapuas itu.

“Mereka yang pertama kali kontak kami. Saat kejadian diketahui yang mengatakan bahwa ada kebakaran di atas kapal dengan tujuannya dari Pontianak – Jakarta. Dan Kami pun belum tahu apakah kapal dalam kosong muatan atau tidak, serta kronologis kejadian yang sebenarnya,” sebut Nugroho kepada wartawan.

Nugruho mengatakan, pihaknya hanya mendapatkan laporan sekitar jam 15.00 WIB dan langsung ke lokasi sekitar pukul 16.00 WIB. Koordinat yang didapatkan sama dengan koordinat dengan yang didapatkan Basarnas Pos SAR Belitung.

“Koordinat Basarnas dari Pangkalpinang. Korbannya ada dua orang luka bakar. Satu orang yang parah kabarnya. Jumlah ABK nya juga Kami, belum tahu,” terangnya.

Senada halnya disampaikan Kasi Pasilitas Pelabuhan dan Ketertiban, KUPP Kelas I Manggar, Sapuan. Bahkan Sapuan mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti akan kronologis kejadian terbakarnya kapal dengan 16 orang ABK tersebut.

“Belum pak kami hingga saat ini belum mendapatkan kabar pasti tentang kejadian kebakaran kapal tersebut. ABK yang dinyatakan selamat pun belum banyak berkomentar, mungkin mereka mash trauma,” terang Sapuan di ruang kerjanya, Selasa (26/4) kemarin.

Kapal tersebut saat ditemukan KPLP berada do titik koordinat 02*-10-496 S /108*-05-000 E, yang titik koordinat awalnya adalah 02*-12-047 S / 108*-12-707 E. Kapal minyak ini berjarak kurang lebih 18 Mil dari utara Pulau Pekandis.

Sapuan menambahkan 12 ABK lainnya sudah berpindah kapal lain yang melintas dan empat  ABK lain dibawa melalui kapal KPLP. Dua di antaranya selamat dan dua orang lainnya mengalami luka bakar serius. Sementara kapal yang terbakar, saat ini masih lego jangkar di perairan laut Beltim. (feb)