2 Pencuri Vespa Tak Berkutik Saat Dibekuk Satreskrim Polsek Tanjungpandan

by -
2 Pencuri Vespa Tak Berkutik Saat Dibekuk Satreskrim Polsek Tanjungpandan
Dua tersangka pencurian motor Vespa.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dua orang pelaku pencurian sebuah motor Vesva di Desa Buluh Tumbang, Tanjungpandan berhasil diamankan oleh jajaran Satreskrim Polsek Tanjungpandan, Senin (25/2). Kedua pelaku yakni Hendri alias Ucok (21) warga asal Desa Aik Raya dan Agung alias Bocor (22) warga Dusun Aik Malik Desa Bantan. Mereka diamankan di dua tempat yang berbeda namun di hari yang sama.

Pertama, Tim reskrim Polsek Tanjungpandan mengamankan Agung yang tengah asyik bermain Facebook dan Youtube di sebuah warnet di Jalan Jendral Sudirman, sekira pukul 12.00 WIB. Hasil dari pendalaman malam harinya, barulah kembali polisi mengamankan Ucok yang tengah asyik menenggak minuman keras di sebuah cafe yang terletak di Jalan Padat Karya Deda Air Merbau, sekira pukul 21.00 WIB.

Kapolsek Tanjungpandan AKP Poltak S.T Purba mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika tim mendapatkan laporan dari seorang warga Desa Buluh Tumbang berinisial HP (53) bahwasannya sepeda motor Vesva mereknya yang ia simpan di gudang telah hilang.

“Pertama korban sempat juga kehilangan Dandang (panci besar) sekitar hari Kamis yang ia simpan di gudang juga. Baru waktu korban kehilangan motornya pada, Sabtu lalu, malamnya korban langsung melapor ke kami,” kata Kapolsek, Selasa (25/2) kemarin.

Kemudian berdasarkan laporan itu, tim unit Reskrim Polsek Tanjungpandan melalukan penyelidikan, sehingga didapatlah satu nama pertama, yakni Agung. Saat itu pelaku tengah berada di warnet dan langsung dilakukan penangkapan, Senin (24/2). Barulah malam harinya polisi kembali mengamanlan Ucok di sebuah cafe remang-remang.

Kapolsek juga menyebutkan, bahwa kedua pelaku tersebut melancarkan aksinya pada Sabtu (22/2) dini hari. Kedunya masuk kedalam gudang dengan cara merusak pintu dengan menggunakan linggis atau kuku kambing.

Setelah masuk, kedua pelaku mendorong sepeda motor yang ada di dalam gudang keluar, dan langsung membawa kabur sepeda motor tersebut ke salah satu rumah yang terletak di Jalan Pemuda Kecamatan Tanjungpandan. “Dari penangkapan kedua pelaku, anggota berhasil mengamankan sebuah linggis dan satu unit sepeda motor vespa warna biru,” kata AKP Poltak.

Berdasarkan catatan kepolisian satu dari kedua pelaku yang berhasil diamankan yakni Agung alias Bocor (22) merupakan residivis yang terlibat tindak pencurian pada tahun 2015, serta pengeroyokan tahun 2017 lalu.

“Akibat perbuatannya, kedua pelaku dikenakan pasal 363 KUHP ayat 1 ke 3,4, dan 5 tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman diatas tujuh tahun penjara,” tukas Kapolsek.

Selain itu, kedua pelaku mengaku mereka sengaja mengincar sepeda motor tersebut karena kurangnya pengawasan terhadap gudang tersebut. “Setelah berhasil mengeluarkan motornya dari gudang kami langsung membawa motor tersebut ke rumah teman dengan cara disetep. Dan rencananya akan kami jual dan hasilnya kami bagi rata,” ujar Ucok yang dibenarkan oleh Bocor kepada wartawan. (fg6)

Editor: Yudiansyah