2 Politisi Hanura Ambil Formulir di PDIP

by -

MANGGAR – Pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim) di sekretariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten telah dibuka sejak awal pekan lalu. Selain kader PDI Perjuangan, sejumlah politisi dari partai lain juga dikabarkan berminat mendaftar melalui partai pemenang pemilu legislatif 2014 tersebut.
Dua politisi partai Hanura Beltim yakni Annasul Hakim dan Harjanto Johannes dipastikan telah mengambil formulir pendaftaran. Bahkan, Annasul Hakim dipastikan telah melengkapi sejumlah persyaratan yang diminta dan memastikan diri, siap maju menjadi Bupati Beltim yang akan dihelat pada 9 Desember 2015. Sementara itu, Harjanto Johannes yang akrab disapa Asin membenarkan telah mengambil formulir pendaftaran. Namun, anggota Komisi I DPRD Beltim tersebut, mengaku belum mengisi lengkap formulir yang diambil dari sekretariat DPC PDI Perjuangan.
“Ya, saya sudah mengambil formulir pendaftaran, namun hingga kini saya belum mengembalikan formulir tersebut ke sekretariat DPC PDI Perjuangan Beltim,” ungkap Asin, ditemui di kediamannya, Minggu (26/4) kemarin. Dijelaskan Asin, jika dirinya mengisi dan mengembalikan formulir, maka hanya mendaftar sebagai calon Wakil Bupati. Sedangkan untuk calon Bupati, kata Asin, dirinya belum tertarik.
“Saya hanya daftar untuk calon Wakil Bupati saja, dan untuk calon Bupati nanti sajalah. Kita liat nanti perkembangannya, yang pasti kami pasangan muda yang akan siap maju membangun Beltim lebih baik kedepannya,” jelas Asin.
Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Beltim, Fezzy Uktolseja membenarkan pengambilan formulir pendaftaran yang dilakukan dua politisi Hanura Beltim. “Benar mereka sudah mengambil formulir. Bahkan Annasul Hakim sudah menyerahkan dan mengisi lengkap persyaratan yang ada di formulir tersebut. Sedangkan Asin, baru mengambil formulir dan belum menyerahkannya kembali ke meja Sekretariat,” imbuh Fezzy.
Fezzy menambahkan, Sekretariat DPC PDI Perjuangan mempersilahkan siapa saja yang ingin mendaftarkan diri melalui partainya. “Nantinya, siapa pun dan berapa orang yang mendaftarkan diri akan kita serahkan ke DPD dan DPP untuk di verifikasi nantinya. Baik melalui uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) serta tingkat survey bakal calon Bupati dan Wakilnya. Jadi siapa pun yang terpilih semuanya harus siap menerima nantinya,” jelasnya.
Sejauh ini, Fezzy mengatakan, sudah ada empat nama yang mendaftar dalam penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Beltim melalui sekretariat DPC PDI Perjuangan. Dua orang pendaftar tercatat berasal dari internal partai, sisanya dari eksternal partai. Namun, Fezzy belum mau berkomentar banyak terkait partai yang akan diajak berkoalisi.
“Belum kita belum ada kearah mana untuk berkoalisi, namun pastinya kita sudah menjajaki parpol mana yang akan digandeng nantinya. Dan kami pun kini sudah membentuk tim yang dinamakan tim lintas partai. Nah inilah tugas tim nantinya untuk melakukan pendekatan dengan partai-partai mana yang diajak berkoalisi,” tutup Fezzy.(feb)