2 Program Samsat Belitung Ikuti Kompetisi Sinovik 2021

by -
2 Program Samsat Belitung Ikuti Kompetisi Sinovik 2021
Kepala UPT Bakuda Babel Wilayah Belitung, Alexander Ikhsan.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dua Program Inovasi UPT Badan Keuangan Daerah Provinsi Bangka Belitung (Bakuda Babel) Wilayah Belitung akan diikutkan dalam kegiatan kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) tahun 2021.

“Alhamdulillah Samsat Belitung, dari Provinsi Babel memerintahkan kami, dan ada dua program dilombakan Sinovik tahun 2021 dari Kemenpan RB,” kata Kepala UPT Bakuda Babel Wilayah Belitung Alexander Ikhsan kepada Belitong Ekspres, Rabu (28/4).

Menurut Alex, dua program itu yakni melayani membayar pajak malam (Mempelam). Program ini sudah rutin dijalankan dan memang ditunggu-tunggu, karena ada masyarakat yang tidak sempat membayar pajak siang hari.

“Kita laksanakan pogram Mempelam di kawasan KV Senang, setiap Jumat mulai dari pukul 5 sore hingga 9 malam dan sampai sekarang masih berjalan terus,” jelas pria yang akrab disapa Alex tersebut.

Program selanjutnya yaitu melayani pajak pembayaran pajak kendaraan lintas pulau (Melesau). Program ini telah dilakukan di Mendanau dan akan terus dilakukan setiap sebulan sekali. “Harapan kami inovasi ini bisa masuk 10 besar, kita mewakili Provinsi Babel dan tidak semua UPT yakni hanya Belitung dengan UPT Bangka,” terang Alex.

Alex berharap selain ikuti lomba dua program itu dapat membantu masyarakat yang ingin membayar pajak, karena membayar pajak tidak harus menunggu jatuh tempo. “Bayar pajak sekarang bisa satu bulan sebelumnya, dan kita sudah banyak pelayanan, diantaranya bayar pajak lalu ngupi (ngerumpi) di Pasar Hatta dan Warkop Udin,” paparnya.

Kata dia, dari dua program Mempelam dan Melesau itu, antusias masyarakat cukup tinggi, bahkan mereka menunggu-menunggu kehadiran layanan tersebut. “Misalnya Mempelam, kemarin ada testimoni, banyak masyarakat Belitung yang bekerja di siang hari, sehingga mereka memanfaatkan waktu malam untuk membayar pajak,” tukasnya. (dod)