2 Tahun Berturut Turut, PT Timah Tbk Raih Proper Hijau 2020

by -
2 Tahun Berturut Turut, PT Timah Tbk Raih Proper Hijau 2020
Foto istimewa

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – PT Timah Tbk kembali menunjukkan prestasi keberhasilan pengelolaan lingkungannya dengan meraih penghargaan PROPER Hijau Tahun 2020.

Hal ini menunjukkan komitmen PT Timah terus melakukan perbaikan dalam aspek lingkungan. Ini merupakan tahun kedua PT Timah Tbk meraih PROPER Hijau setelah tahun lalu juga meraih predikat yang sama.

Penganugerahan yang dilaksanakan secara virtual ini turut disaksikan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Senin (12/14) lalu.

Proper Hijau mempresentasikan usaha atau kegiatan yang telah melibatkan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumberdaya secara efisien melalui upaya 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan recovery) dan melakukan tanggung jawab sosial dengan baik.

Penilaian PROPER melibatkan banyak aspek, diantaranya ketaataan peraturan pengelolaan lingkungan hidup, penerapan sistem management lingkungan, efisiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi dan GRK, perlindungan keanekaragaman hayati, 3 R limbah B3 dan limbah non B3, serta pemberdayaan masyarakat.

Untuk meraih PROPER Hijau banyak inovasi yang telah dilakukan oleh salah satu produsen timah dunia ini. Upaya yang dilakukan diantaranya membekali karyawan di setiap unit produksi dan mitra PT Timah Tbk dengan pengetahuan yang memadai mengenai persyaratan dan peraturan tentang tanggungjawab terhadap lingkungan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan penilaian terhadap Proper dilakukan dengan analisis yang terukur, metode yang jelas dan sistem yang terus diperbaiki. “Tahun ini ada penambahan kriteria dalam penilaian yakni sensitivitas perusahaan terhadap bencana dalam aspek pemberdayaan,” katanya.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, M. Zulkarnaen bersyukur atas diraihnya Proper Hijau ini. Dimana tahun ini hanya 125 perusahaan yang berhasil meraih PROPER Hijau. Dengan diraihnya penghargaan merupakan langkah konkrit PT Timah Tbk sebagai perusahaan pertambangan dalam pengelolaan lingkungan.

“Perusahaan akan terus menjaga komitmen dan memaksimalkan kemampuan untuk melakukan inovasi pengelolaan lingkungan yang berbasis pemberdayaan masyarakat dari proses penambangan hingga pasca tambang,” kata Zulkarnaen.

Dengan diraihnya, Proper Hijau ini diharapkan dapat terus memacu semangat inovasi dan perusahaan secara bertahan terus berupaya untuk meningkatkan standar pengelolaan dan pelestarian lingkungan yang sejalan dengan misi perusahaan serta meningkatkan kontribusi kepada masyarakat.

“Perusahaan secara bertahap akan meningkatkan pengelolaan lingkungan, tujuannya untuk memperluas cakupan pengelolaan lingkungan yang diintegrasikan dengan proses bisnis perusahaan. Selain itu akan berupaya melakukan pembenahan agar PT Timah bisa meraih PROPER Emas,” tutupnya. (rel/msi)