20 Calon Jemaah Haji Dilepas

by -

MANGGAR – Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Belitung Timur (Beltim), Talafuddin melepas keberangkatan 20 orang calon jemaah haji dari Kabupaten Belitung Timur tahun 1436 H/ 2015 M, Selasa (25/8) kemarin.
Calon jemaah haji direncanakan akan berangkat ke Asrama Haji di Palembang pada 1 September 2015. Sedangkan keberangkatan ke tanah suci dijadwalkan pada keesokan harinya 2 September 2015.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Beltim, Imam Syafei mengungkapkan tahun ini total jemaah haji dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KepBabel) berjumlah 733 jemaah. Calon jemaah dibagi ke dalam dua kelompok terbang (kloter) 6 dan 7 Embarkasi Palembang. Calon jemaah dari Kabupaten Beltim termasuk dalam kloter 6, bersama dengan Calon Jemaah dari Kabupaten Belitung, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Barat.
Para calon jemaah haji baik dari Kabupaten Belitung dan Kabupaten Beltim akan diberangkatkan pada 1 September, penerbangan ke 3 pukul 13.50 WIB melalui bandara Hanandjoedin Tanjungpandan. Kloter 6 akan berangkat menuju Medinah pada 2 September pukul 08.50 WIB dan diperkirakan tiba pada di sana siang sekitar pukul 13.20 WIB,” ungkap Imam.
Jika tahun sebelumnya jumlah kouta calon jemaah haji Kabupaten Beltim mencapai 39 orang, tahun ini koutanya hanya mencapai 20 orang. Hal ini dikarenakan adanya pengurangan kuota dari provinsi serta tergantung dengan jumlah penduduk suatu kabupaten.
“Jumlahnya koutanya bisa berubah-ubah setiap tahun dan kouta provinsi bisa diperebutkan. Kalau mendaftar lebih dulu bisa lebih banyak, jadi bisa bertambah dan berkurang,” kata Imam.
Sementara itu, Sekda Beltim menyatakan jika pada tahun-tahun sebelumnya seluruh calon jemaah haji mendapatkan bantuan untuk uang saku sebesar Rp.1.500.000, maka mulai tahun ini para calon jemaah haji tidak lagi akan memperoleh uang saku.
“Tidak boleh lagi ada uang saku. Ini hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melarang adanya uang saku. Cuman mudah-mudahan jemaah akan mendapatkan uang tranportasi domestik dari Pemerintah Provinsi seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Talafuddin.

Kepada calon jemaah haji Kabupaten Beltim, Ia berharap agar dapat menjaga kesehatan dan bisa menjalankan rukun-rukun haji dengan baik dan sempurna, serta selamat sampai kembali pulang ke tanah air menjadi haji mabrur.
“Tolong doakan agar masyarakat dan daerah kita menjadi makmur dan sejahtera. Doakan juga kondisi perekonomian bangsa yang sedang terpuruk agar kita bisa melalui cobaan ini dengan sebaik-baiknya. Juga nanti Pilkada kita akan berlangsung aman, tertib, dan sukses,” pintanya. (feb)