*20 Orang Calon Jemaah Haji Diberangkatkan

by -

//Pihak Keluarga Teteskan Air Mata

foto A.Salah seorang jemaah haji terharu saat berpelukan denagn keluarga

Salah seorang jemaah haji terharu saat berpelukan dengan keluarga, sebelum pelepasan keberangkatan di Masjid Agung Darussalam, Manggar.

MANGGAR – Sebanyak 20 orang calon jemaah haji (caljahaj) dari Kabupaten Belitung Timur (Beltim) resmi diberangkatkan dari Bandara Hananjoedin Tanjungpandan, Selasa (1/9). Sebelum berangkat ke bandara mereka dikumpulkan di Mesjid Agung Darussalam, untuk dilepas dan diberangkatkan secara bersama-sama.
Bupati Beltim, Basuri T Purnama, Kapolres Beltim AKBP, Nugrah Trihadi,S.ik, serta Sekda Beltim, Talafuddin tampak hadir di halaman Mesjid Agung Darussalam. Mereka bersama-sama melepas keberangkatan jemaah ke menuju ke bus yang akan mengantarkan ke Bandara Hananjoeddin.
Bersama dengan calon jemaah haji dari Kabupaten Belitung, para Caljahaj dari Kabupaten Beltim tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 embarkasi Palembang. Mereka tiba lebih dulu di Bandara Hananjoedin dan langsung masuk ke ruang VIP bandara. Sambil menunggu, boarding ke pesawat mereka diberikan pengarahan oleh panitia haji dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Beltim.
Pantauan harian ini, di Bandara Hananjoedin, saat akan naik ke pesawat beberapa jamaah nampak meneteskan air. Para pengantar dari pihak keluarga yang memadati bandara pun tampak ikut meneteskan air mata. Sambil melambaikan tangan, melepas kepergian mereka untuk menunaikan rukun islam ke 5.
Salah seorang keluarga caljahaj asal Kabupaten Beltim, Ikhwan Fakhrozi (48) mengaku sangat terharu melepas kepergian ibunda tercinta, Zumaroh (69). Mengingat tahun ini akhirnya sang ibu dapat juga berangkat ke tanah suci.
Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Beltim ini mengkisahkan, jika ibundanya sebenarnya merupakan caljahaj tahun 2014. Namun karena pensiunan guru SD ini tertimpa musibah yang membuat kakinya patah, terpaksa ini ditunda keberangkatannya pada tahun ini.
“Gimana tidak terharu, ini tahun ke dua beliau akan diberangkatkan tahun kemarin tidak jadi karena dapat cobaan. Inilah kehendak Allah SWT akhirnya beliau dapat juga pergi ke tanah suci,” ujar Ikhwan.
Ia berharap sang ibu dapat menjalankan seluruh rukun haji yang ada dan dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat dan menjadi haji yang mabrur.
“Insyaallah kita dari keluarga berharap beliau di sana dijaga kesehatannya serta dapat menunaikan semua rukun yang ada. Keluarga yang ada di sini juga terus mendokaan agar beliau dapat menjadi haji mabrur dan kembali ke Beltim,” paparnya.

Dari informasi yang diterima pukul 15.30, seluruh jemaah haji dari Pulau Belitung sudah sampai di Asrama Haji Palembang. Rencananya pukul 08.30 besok, kloter 6 embarkasi Palembang akan diberangkatkan ke Madinah bersama dengan caljahaj dari Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Barat dan Pangkalpinang. Diperkirakan mereka akan tiba di Madinah pukul 13.30 waktu setempat. (feb/hms)