200 Pasangan Bakal Ikuti Isbat Nikah

by -

//Bertepatan Hari Jadi Pangkalpinang

PANGKALPINANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) akan mengelar pesta resepsi pernikahan bagi 200 pasangan yang dulunya menikah siri ataupun belum memiliki surat nikah yang sah dikeluarkan oleh pemerintah.
“Surat nikah yang akan dikeluarkan berlaku surut, dengan begitu hak istri dan anak akan menjadi jelas. Biasanya kalau nikah siri atau yang belum memiliki surat nikah, pas sudah bercerai anak dan istrinya susah mendapatkan hak dari suami, seperti warisan dan pengakuan anak secara hukum negara,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang Armada, Kamis (12/3) kemarin.
Armada menambahkan, acara yang direncanakan bertepatan saat hari jadi Kota Pangkalpinang itu terlebih dulu dilakukan pendataan bagi masyarakat yang belum memiliki surat nikah dan akan dilakukan tes untuk bisa mengikuti isbat nikah. “Ada yang tidak lulus isbat nikah dikarenakan ketahuan mempunyai istri banyak,” terangnya.
Lanjut Armada, sudah banyak persiapan yang disiapkan pihaknya agar acara nikah isbat ini bisa digelar, seperti melakukan kerja sama dengan seluruh asosiasi rias pengantin yang ada di Pangkalpinang dan menyediakan tempat untuk acara tersebut.
“Kita sudah menyiapkan tempatnya, sedangkan untuk pakaian tidak semua pasangan yang memakai baju pengantin, hanya perwakilan saja dan sisanya pakai baju biasa saja seperti kebaya,” jelasnya.
Ia juga mengatakan, pihaknya akan terus membela hak-hak anak yang orang tuanya menikah siri dan pihaknya juga harus berhati-hati agar kedepannya agar tidak tersandung masalah hukum.
“Ibu Walikota sebagai pembina dalam acara ini, biaya sidang dan semuanya ditanggung oleh pemerintah karena ini adalah rencana walikota kita dan kami harus berhati-hati agar kedepannya tidak tersandung masalah hukum, ” tutupnya. (cr61)