by -

foto A- nelatan

Nelayan harus mampu membuat proposal guna mendapat hibah dana pemerintah demi kemajuan nelayan itu sendiri dan mandiri.

 

DKP Siap Bantu Dana Nelayan

*Asalkan dengan Proposal yang Diajukan ke Desa

 

 

 

TANJUNGPANDAN-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Belitung  siap menyalurkan alokasi dana bantuan hibah berupa sarana dan prasarana perikanan ke kelompok nelayan dan para pembudidaya tahun 2016 ini. Namun, ada syaratnya, nelayan maupun pembudidaya harus mengajukan berupa  proposal atau permohonan bantuan sesuai aturan pemerintah.

Kadin Kelautan dan Perikanan Destika Efendi  pada Belitong Ekspres di ruang kerjanya Rabu (23/1) kemarin mengatakan, untuk mengajukan bantuan nelayan dan para pembudidaya harus mengajukan proposal. Lantas, proposal tersebut harus terdaftar melalui musrembang desa, kemudian desa akan mengajukan ke DKP.

“Namun proposal yang diajukan pada Tahun 2016 tidak mesti cair pada tahun yang sama atau bisa mendapatkankan pada tahun berikutnya kalau anggaran mencukupi,” ujar Destika.

Lanjut Desitika, usulan proposal dari nelayan dan para pembudidaya harus masuk dulu ke desa sehingga proposal tersebut menjadi jelas. Termasuk kejelasan ada atau tidaknya usahanya, pemiliknya siapa dan angotanya berapa.Sehingga peryataan pengajuan bersedia bertanggung jawab, mengelola setelah mendapatkan bantuan bisa jelas semuanya.

Destika menjelaskan, setelah dan sebelum memberikan bantuan Petugas DKP akan mensurvei lokasi. ”Kami harus teliti dalam memberikan bantuan jangan sampai bantuan yang kami berikan tidak tepat sasaran,” jelasnya.

Papar Destika bantuan yang di berikan DKP berasal dari dana APBD, provinsi dan Pemerintah Pusat. Jadi, proposal yang masuk pada tahun ini bisa menjadi agenda kegiatan pada tahun 2017 mendatang.

“Tidak semua proposal yang masuk ke DKP bisa diakomodir secara keseluruhan dan pada awal tahun ini. Sebab, sudah ada beberapa proposal yang masuk seperti bantuan bibit ikan, jaring dan sebagainya dan itu akan kita lihat dulu dan kita surve nantinya,” terangnya

Destika berharap dengan adanya program pemerintah melalui DKP dapat memberikan kemajuan bagi nelayan untuk menunjang perekonomian dan kesejahteraan. Nantinya, bisa meningkatkan produksi perikanan di Kabupaten Belitung dan dapat membantu perekonomian masyarakat secara mandiri,” pungkasnya.(mg1)