by -

foto _ anies wardhana bandara

 

Kasih foto kepala Bandara

Anies Wardhana

 

Bandara Terus Berbenah Sambut GMT

*Progres Pembangunan Bandara Baru Terus Berjalan

TANJUNG PANDAN–Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di Pulau Belitung, nampaknya benar-benar dijadikan momen yang bisa mengangkat sektor pariwisata. Salah satu pihak yang merasa sangat berkepentingan untuk mengangkat momen ini yakni Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan.

“Momen GMT 2016 mendatang kami sudah berbenah terus. Bahkan di bulan Februari 2016 kami mulai gencar dan terus melakukan pembenahan di bandara,’’ ujar Kepala Bandara HAS Hanandjoeddin Anies Wardhana kepada Belitong Ekspres, di Bandara, Selasa (26/1), kemarin.

Menurut Anies, terlepas dari momen GMT sejak akhir tahun lalu, Bandara terus melakukan pembenahan untuk memberikan pelayanan pada pengguna jasa bandara. Mulai dari ruang bagasi, toilet, ruang tunggu, hingga penataan parkir bandara.

“Ke depan, untuk counter check in penumpang yang digunakan oleh maskapai penerbangan, nantinya juga akan kita tata dan desain sebaik mungkin. Ya setidaknya back ground counter check ini mendekati Bandara Soekarno Hatta,’’ papar Anies.

Anies mengakui, dengan makin meningkatnya jumlah penumpang pesawat di Bandara HAS Hanandjoeddin, tentu dibutuhkan fasilitas-fasilitas tambahan. Yang pasti, dengan asumsi jumlah penerbangan (flight) di bandara saat ini, setidaknya ada sekitar 3000 penumpang yang setiap hari pergi dan datang ke bandara.

Bagi Anies, Bandara merupakan pintu gerbang utama masuknya pengunjung ke Belitung. Karena itu, sebagai obyek vital jalur masuknya pengunjung ke Belitung, selaku pengelola bandara, akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan. “Sesuai instruksi Menteri Perhubungan, Pak Jonan (Ign Jonan,Red) semua unsur di Perhubungan termasuk Bandara harus mengutamakan pelayanan,’’ papar Anies.

Mengenai langkah pembenahan yang dilakukan di Bandara, lanjut dia, selama ini memang terbilang renovasi. Sebab, bangunan di bandara ini tergolong bangunan tua yang didirikan tahun 1970an. Karena itu, sembari menunggu pembangunan bandara baru dengan planning di tahun 2017, maka semaksimal mungkin apa yang dilakukan Bandara untuk terus melakukan pembenahan.

“Progres Pembangunan Bandara baru masih terus jalan. Masalah tanah dan dokumen, termasuk amdal semua sudah siap. Semoga saja tahun 2017 bisa mulai jalan pembangunan bandara baru. Tapi, tetap saja kita upayakan pengajuan di tahun 2016 ini, siapa tahu ada kebijakan anggaran APBNP (Perubahan) 2016,’’ pungkas Anies.(mg2)