by -

foto A -smk 1 kampit (3)..

 

ainul yakin/be

Para siswa-siswi saat foto bersama guru di ruang Percetakan BE, kemarin. Insert: Agung CN menerangkan seputar peberbitan surat kabar.

130 Siswa-Siswi SMKN 1 Kampit Kunjungi Belitong Ekspres

*Ingin Mengetahui Proses Penerbitan Surat Kabar Harian

 

TANJUNGPANDAN-Sebanyak 130 siswa-siswi SMKN 1 Kelapa Kampit melakukan kunjungan ke Kantor Penerbit Harian Belitong Ekspres, Jalan Jenderal Sudirman KM 8 No 789 Perawas, Selasa (26/1) pagi, kemarin. Siswa-siswi didampingi empat guru pembimbing dan pendamping menimba ilmu tentang media massa, khususnya seputar manajemen media cetak dan proses penerbitan surat kabar.

Ratusan siswa disambut Pimpinan Redaksi Belitong Ekspres Agung Cahyo Nugroho, Asisten Redaktur Yudiansyah dan Kepala Devisi Percetakan Belitong Ekspres Zulkarnain serta sejumlah wartawan. Sementara guru pendamping kali ini diampu oleh Netty Handayani, Abdul Albar, Tri Joko Budianto dan Suryani. Rencana, selain berkunjung ke Belitong Ekspres ratusan siswa-siswi ini juga mengunjungi sejumlah lokasi ke Tanjungpandan.

Netty Handayani mengungkapkan, kedatangan rombongan siswa-siswi untuk lebih memberikan wawasan dan pengetahuan seputar pers dan media massa. Selama ini, terkait dengan pers dan pemberitaan, ada hubungannya dengan mata pelajaran Pkn (Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan,Red) di SMK. “Jadi, kami ingin tahu relevansi di lapangan mengenai pelajaran Pkn ini,’’ ucap Netty.

Siswa-siswi nampak penasaran dan ingin mengetahui secara detil proses penulisan berita, editing, lay out hingga proses cetak menjadi koran dan sampai ke tangan pembaca. Sejumlah pertanyaan dari jenis berita, kode etik wartawan hingga hal teknis pencetakan koran sempat ditanyakan oleh siswa-siswi.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi Belitong Ekspres Agung CN, di hadapan ratusan siswa-siswi menjelaskan tentang proses awal hingga akhir koran siap diedarkan. “Tugas wartawan dibagi sesuai bidang masing-masing. Ada yang di bidang politik, ekonomi, hukum olahraga, pendidikan dan sejumlah bidang lain. Usai diedit lantas masuk lay out dan kemudian masuk proses cetak koran,’’ jelasnya.