by -

foto tengah 2-suluh hukum

 

 

I.C Siregar,SH saat memberikan materi.

 

 

Kemenkum HAM Sosialisasi Hukum MEA

 

 

TANJUNGPANDAN-Dalam menghadapi Masyarakat Ekomomi Asean (MAE) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bangka Belitung menggelar penyuluhan hukum untuk membangun masyarakat cerdas hukum di Ruang Sidang Pemkab Belitung, (28/1) kemarin. Hadir dalam sosialisasi Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani, sejumlah kepala SKPD dan instansi di Pemkab Belitung.

Narasumber dari Kemenkumham I.C Siregar,SH mengatakan, acara ini sebuah pendidikan hukum  mengenai isu MEA, Jadi, masyarakat harus ada persiapan terhadap sendi-sendi hukum untuk mengawal satu kepastian dan pemanfaatan serta keadilan hukum untuk MEA.

Siregar mencontohkan, sendi-sendi hukum adalah kebijakan atau koalisi dari Pemerintah Republik Indonesia membentuk peraturan perundang undangan sesuai dengan kehendak masyarakat Indonesia. Tujuannya, untuk bisa bersaingan  di dalam ekonomi serta bisa melakukan suatu perbuatan di dalam liberalisasi ekonomi perdagangan dan jasa. dimana MEA pasar tunggal atau single market. Bahkan pasar bebas di dunia menjadi satu tujuan perdagangan bebas di dunia.(mg1)