by -

 

fto A

 

 

 

foto  Dapur rumah Zulkarnaen, warga Desa Sukamandi Kecamatan Damar, selasa (9/2) kemarin ludes terbakar. Beruntung api tidak meluas, karena Satpol PP Beltim melalui Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) bertindak cepat melakukan pemadaman.

 

Ditinggal Pergi, Dapur Warga ini Dilalap si Jago Merah

DAMAR –  Beruntuk rumah milik keluarga Zulkarnaen (43) yang tinggal di gang Libut Desa Sukamandi, Kecamatan Damar Belitung Timur (Beltim), selamat dari amukan si jago merah. Peristiwa kebakaran yang terjadi sekira pukul 11.00 WIB, selasa (9/2) kemarin, hanya meludeskan dapur rumahnya.

 

Beruntung selain tidak ada korban jiwa, kerugian yang dialami oleh keluarga Zulkarnaen, juga ditaksir tak begitu banyak. Dugaannya, kebakaran dipicu api dapur, yang saat itu rumah sedang dalam kondisi kosong.

 

 

Kepala Satpol PP Beltim, Sudiono, melalui Kepala Seksi Pembinaan Umum dan Penanggulangan Kebakaran, Satpol PP, Heriyono, membenarkan adanya kejadian kebakaran tersebut. Mendapat laporan masyarakat, dua unit Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) bergerak ke lokasi untuk memadamkan api. Api sudah dapat dijinakkan kurang lebih sekitar setengah jam.

 

“Dua unit mobil pemadam 03 dan 04, langsung memadamkan api dari sisi belakang (dapur,red) rumah milik Pak Zulkarnaen,” ungkap Heriyono saat dihubungi Belitong Ekspres, Selasa (9/2) kemarin.

 

Menurut Saksi mata, kata Heriyono, peristiwa kebakaran yang dialami oleh keluarga Zulkarnaen kuat dugaan api berasal dari dapur rumahnya. Sementara pemilik rumah saat itu tidak berada di tempat.

“Api berasal dari dapur, sedangkan Zulkarnaen dan keluarganya tidak sama sekali mengetahuinya. Mereka memang tidak berada dirumah tersebut,” ungkap Heriyono.

Menurutnya, tidak ada barang yang berharga terlalap api dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun sebagian dapur milik Zulkarnaen hangus terbakar. Atas kejadian itu, Heryono menghimbau ke depan kepada semua masyarakat, untuk lebih waspada bahaya kebakaran.

“Kebakaran bisa terjadi kapan saja, pencegahannya seperti tidak membakar sampah, dan pastikan kompor tidak menyala saat meninggalkan rumah, periksa instalasi listrik sebelum kita keluar rumah dan beristirahat malam maupun siang,” saran Heriyono. (feb)