by -

 

 

inset foto Aa.

 

 

Foto Aksi Aksi Solidaritas penggalangan dana di Pasar Tanjungpandan. Inset foto seorang warga yang menyalurkan bantuan mie instan di Posko Radio BFM peduli korban banjir di Pulau Bangka.

 

Masyarakat Belitong Peduli Korban Banjir Bangka

*Galangan Bantuan Dana, Makanan, Obatan-obatan dan Pakaian

TANJUNGPANDAN-Aksi Solidaritas dan kemanusiaan untuk membantu korban bencana banjir di Pulau Bangka, kini datang dari sejumlah kalangan masyarakat di Kabupaten Belitung, Rabu (10/2) kemarin.

Kegiatan penggalangan bantuan tersebut dilakukan Radio BFM 104.6, Radio HITZfm, Berehun Organizer dan Komunitas Belitong Punye Cerite, Armensi (Air Selumar, Mengkeling, Sijuk).

Mereka turun melakukan penggalangan dana di Pasar Hata, Pasar berehun, Pasar Induk, Simpang Empat Pangkal Lalang, Simpang Empat Terminal, Simpang Empat Kampong Ujong, SMUN 1 Tanjungpandan dan Madrasah Aliyah Negeri tanjungpandan.

Pantauan Belitong Ekspres, mereka rela hujan-hujanan untuk mengumpulkan bantuan untuk meringankan beban korban bencana banjir di Palau Bangka tersebut. Selain membawa kotak sumbangan, mereka juga membawa spanduk bertuliskan “Aksi Solidaritas untuk Saudara Kita Korban Bencana Banjir di Bangka, Ayo Bantu Seikhlasnya,”.

Humas Radio BFM 104.6, Yanto Haryanto mengatakan, mereka berhasil mengumpulkan uang sebesar kurang lebih Rp.10 juta dari aksi penggalangan dana tersebut. Selain uang, mereka juga berhasil mengumpulkan bantuan berupa, mie instan, obat-obatan dan pakaian kering.

“Walau hujan-hujanan tak menghalangi tekad kawan-kawan untuk membantu meringankan beban saudara saudara kita di sana (Pulau Bangka,red). Alhamdulillah kita berhasil mengumpulkan dana Rp. 10 juta,” kata Yanto kepada Belitong Ekspres.

Aksi penggalangan bantuan ini kata dia, akan terus berlanjut hingga Jumat (12/2) pagi. Sementara waktu, sebelum dikirim ke Pulau Bangka, bantuan berupa dana, bahan makanan, obatan-obatan dan pakaian kering dikumpulkan di Posko Radio BFM.

“Insyaallah Jumat siang, semua bantuan akan diterbangkan menuju Pulau Bangka melalui salah satu maskapai penerbangan yang telah sukarela menggratiskan kiriman bantuan tersebut,” terang Yanto.

Sementara itu, Ozie yang juga dari Radio mengucapkan terimakasih kepada para sukarelawan yang sudah menyumbangkan bantuan baik berupa uang, makanan, obatan-obatan maupun pakaian.

 

“Sedikit bantuan kita akan bermakna besar terhadap saudar kita yang terkena musibah banjir di Pulau Bangka,” ucap Ozie.

 

Dia menambahkan Posko aksi kemanusiaan di Radio BFM juga siap menampung bantuan jika ada masyarakat yang ingin menyumbang dengan sukarela. “Jadi bagi siapapun yang ingin menyumbang, kami siap untuk menyalurkannya,”tandasnya.

Sebelumnya, Gabungan Pecinta Alam Belitong (Gapabel), pada Selasa (9/2) juga melakukan aksi serupa. Mereka membuka posko peduli bencana banjir di Pulau Bangka. Posko beralamatkan di Jalan Hayati Mahim, Kelurahan Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan, tepatnya di belakang Stadion Tanjungpandan.

Selain membuka Posko, Gapabel bersama kalangan pelajar turun sejumlah titik ruas jalan untuk melakukan aksi penggalangan dana.

Ketua ketua Gapabel, Jookie Vebriansyah mengatakan, hingga Rabu kemarin, mereka telah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 3 juta. Selain dana, bantuan yang terkumpul berupa mie instan dan pakaian kering.

“Ini adalah bentuk kepedulian kepada saudara-saudara kita di bangka yang terkena musibah banjir. Rencananya bantuan yang terkumpulkan akan dikirim besok, (kamis, hari ini, red),” kata Jookie kepada Belitong Eskpres, Rabu (10/2) kemarin. (yud/mg1)