by -

 

 

 

 

ProfilTokohAseng_UKON-2-e1432919143443

 

 

Foto: Isyak Meirobie saat menerima cinderamata dari pihak DPRD Subang.

 

KUNKER

 

DPRD Subang Belajar Pembangunan Pariwisata

 

TANJUNGPANDAN- Dewan Perwakilan Rakyat Daearah (DPRD) Kabupaten Subang Jawa Barat melakukan kunjangan kerja ke Kantor DPRD Belitung, Rabu (17/2). Rombongan ini diterima langsung Wakil Ketua II DPRD Belitung Isyak Meirobie, Wakil Ketua Komisi I Junaidi Derani, pihak dari Badan PTSP dan Penanaman Modal, dan Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung.
Wakil ketua DPRD Isyak Meirobie mengatakan, kunjangan kerja itu dalam rangka mempelajari pembangunan Belitung pasca pertambangan, Khususnya di Bidang Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif. Selain itu, DPRD Subang juga ingin belajar mengenai Pertanian/Perkebunan, termasuk sektor Kelautan dan Perikanan di Belitung.

 

Dalam kunjungan tersebut isyak dan junaidi derani menjelaskan potensi belitung dan pertumbuhan pembangunan termasuk kendala  juga tantangan yang dihadapi.

 

Isyak menjelaskan, Belitung baru membangun pariwisata kurang dari 10 tahun. Karena itu masih banyak kekurangan dan terus berbenah, terutama terkait kepastian pembangunan dari pemilik lahan di kawasan wisata yg dikuasai.

 

“Kami akan mengatur dalam Perda, jika nanti investor menelantarkan lahan lebih dari 3 tahun. Kita akan kenakan pajak progresif, yang semakin lama ditelantarkan akan semakin tinggi pajaknya. Nah, jika mereka segera membangun, Pemda juga perlu memberi insentif berupa pembebasan pajak dan biaya biaya perijinan,” terangnya kepada Belitong Ekspres, Kamis kemarin.

 

Menurut Isyak, hal itu penting untuk mengakomodir dan mengatur keseriusan Pemda dalam membangun pariwisata, yang harus sinergi dengan program pusat.Untuk itu, dua raperda terkait kepariwisataan (Ripparkab dan kepariwisataan) wajib segera disosialisasikan kepada masyarakat umum.

 

“ Selain sebagai bukti konsistensi pembangunan, hal ini juga agar pelaku wisata bisa menyesuaikan diri. Sehingga pembangunan bisa lebih cepat dan terasa dilakukan secara bersama-sama,”pungkasnya (mg1)