by -

 

 

foto A

 

 

Ket foto : Sekda Kabupaten Beltim, Talafuddin melakukan tukar menukar cinderamata dengan koordinaotr kelompok KKN UNS Ade Lintang Nararrita, didepan kantor Bupati Beltim, Kamis (18/2) kemarin.

 

 

Mahasiswa UNS Pamitan, Ini Pesan Mereka

*Kagumi Keramahan Masyarakat dan Keindahan Desa Tanjung Batu Itam

MANGGAR – Sebanyak 15 orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta Provinsi Jawa Tengah berpamitan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim). Mereka diterima oleh Sekretaris Daerah, Talafuddin dan Asisten I, Sarjono di Ruang Rapat Sekda, Kamis (18/2) kemarin. Rencananya para mahasiswa semester akhir ini akan kembali ke kampusnya,

Selama 35 hari melakukan KKN di Desa Tanjung Batu Itam Kecamatan Simpang Pesak. Para mahasiswa dari 5 fakultas UNS ini melakukan banyak kegiatan, seperti mengajarkan pembuatan pupuk kompos, pelatihan membatik, pembuatan gapura batas antar dusun, membuat kelas inspirasi bagi siswa sekolah dasar, mengajar seni tari dan puisi kepada anak-anak, dan mengadakan turnamen voli antar dusun di Desa Tanjung Batu Itam.

Koordinator Kelompok KKN, Ade Lintang Nararita (19) memuji keramahan warga desa yang selalu terbuka dan selalau bekerjasama dengan mereka saat melakukan KKN. Ia mengaku banyak kesan yang didapat selama melakukan KKN.
“Masyarakat sana sangat ramah, kita hampir tiap hari diantarkan hasil laut kayak ikan, kepiting atau udang. Kita juga sering diundang makan oleh warga, bahkan karena di sana air susah kita diajak untuk mandi di rumah warga,” ungkap Ade.

Mahasiswi Komunikasi Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS ini mengagumi keindahan dan keaslian pantai di Desa Tanjungpandan Batu Itam. Ia berpesan agar warga dan pemerintah dapat menjaga kepemilikan tanah yang ada, supaya tidak berpindah ke tangan swasta atau asing.

“Potensi wisatanya sangat potensial, masyarakat dan pemerintah harus menjaga lahan mereka jangan sampai dijual ke pihak luar atau swasta. Sayang jika nanti warga sini hanya dapat melihat dari luar keindahan yang ada,” ujar Ade.

Sementara itu, Dalam sambutannya Sekda Beltim, berterima kasih atas kontribusi yang sudah diberikan oleh para mahasiswa. Ia juga meminta agar mereka dapat membantu mempromosikan wisata dan potensi Kabupaten Beltim.

“Kami dari Pemerintah daerah berterima kasih atas apa yang sudah adik-adik lakukan. Jangan lupa bawa cerita yang baik ke sana dan sampaikan salam dengan dosen pembimbing dan kawan-kawan lain di sana,” sebut Talafuddin.

Talafuddin mengatakan banyak hal positif yang telah diberikan oleh KKN. Ia pun berharap akan banyak lagi mahasiswa KKN yang akan datang untuk membantu pembangunan di Kabupaten Beltim.

“Kebetulan kita saat ini dalam proses penjajakan untuk melakukan MoU dengan UNS terkait kerjasama di bidang pendidikan. Kita berharap akan lebih banyak kegiatan positif seperti ini di kemudian hari,” tutupnya. (feb)