by -

 

 

berita-bmkg--gelombang-perairan-babel-masih-tinggi-29881_a

Gelombang Tinggi

Masih Landa Perairan Babel

PANGKALPIANANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memprakirakan pada Selasa (23/2) hari ini gelombang tinggi masih akan melanda Perairan Bangka Belitung (Babel).
“Tingginya gelombang di perairan itu masih dipengaruhi angin yang kencang dan cenderung searah berdampak pada naiknya gelombang,” kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Nur Setiawan, Senin (22/2) kemarin.
Ia mengatakan, ketinggian gelombang laut ini masih berpeluang mencapai hingga tiga meter dengan kecepatan angin 38 kilometer per jam dari barat menuju utara. “Ketinggian gelombang ini berpeluang terjadi di perairan utara Pulau Bangka, Selat Gelasa dan Selat Karimata,” terangnya.
Pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini bagi pengguna jasa laut untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dengan kemungkinan datangnya gelombang laut yang lebih tinggi. “Kita menghimbau kepada pengguna jasa laut terutama bagi nelayan tradisional untuk mewaspadai kondisi gelombang ini karena bisa membahayakan keselamatan,” ujarnya.
Sementara tinggi gelombang maksimum di perairan Babel lainnya, yakni di perairan Selat Bangka dan perairan selatan Pulau Bangka mencapai satu hingga dua meter dengan kecepatan angin berkisar antara 10-40 kilometer per jam. Berdasarkan pantauan satelit cuaca, kata dia, kondisi daratan di Babel masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.
“Seluruh daratan Babel di tujuh kabupaten kota masih berpeluang hujan dengan suhu udara mencapai 23 hingga 31 derajat celsius,” tandasnya.(ant/rb)