23 Warga Jadi Korban

by -1 views

MUNTOK – Angin puting beliung yang terjadi Selasa (4/8) kemarin menerjang 16 rumah warga di RT 01/14 Kampung Tanjung, Kecamatan Muntok, Bangka Barat (Babar). Kapolsek Muntok Iptu Yogi Pramagita menjelaskan, selain daripada menghantam rumah milik warga sekitar perkampungan, angin puting beliung juga menghantamkan dua bangunan gudang ikan milik salah satu warga. “Ada juga satu unit gudang minyak, satu unit boat milik nelayan yang berlabuh tidak jauh dari disekitar lokasi kejadian juga ikut terkena hantaman angin puting beliung,” kata Yogi.
Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun terjadi kerusakan material bangunan rumah dan lain-lain sebagainya. Kepala Kantor Penanggulangan Bencana dan Kesbangpol Pemkab Babar Sutarmo, SH mengatakan, proses evakuasi masih berlangsung hingga siang, Rabu (5/8).
“Ini sedang proses evakuasi mas, jadi proses evakuasi dilakukan sejak kemarin pagi atau hari kejadian sampai sekaran,” ujar Sutarmo. Dikatakannya, berdasarkan proses evakuasi ada beberapa tambahan warga yang tertimpa angin puting beliung. “Evakuasi hari ini ada tambahan korban yang terkena puting beliung kemarin pagi. Jadi total korban uang tertimpa puting beliung kamarin pagi berjumlah 23 warga, semuanya mengalami kerugian material dan tidak ada korban jiwa,” kata Sutarmo.
Lebih lanjut dikatakannya, hari ini juga data evakuasi korban ini akan kita serahkan kepada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Babar. “Ya, hari ini sudah kita serahkan kepada Dinsosnakertrans pendataan yang kita lakukan terhadap korban puting beliung, setelah Dinsosnakertrans akan menyalurkan bantuan apa saja yang diperlukan korban,” kata dia. Hal serupa pula dikatakan Ardhian Plt Lurah Tanjung Kecamatan Muntok. “Untuk bantuan tetap seperti material dan lain sebagainya belum disalurkan karena kita baru selesai evekuasi dan pendataan terhadap warga yang terkena musibah, hanya saja saat ini bantuan sifatnya sementara seperti terpal dan lain sebagainya,” ucap Ardian.(ray)