26 Orang Bersaing Jadi Tenaga Ahli Fraksi DPRD

by -

*Gaji Rp 3 juta hingga Rp 5 Juta per Bulan, Non PNS

TANJUNGPANDAN –Berita soal rekrutmen tenaga ahli fraksi di DPRD Kabupaten  Belitung ini sebenarnya bisa menjadi  berita lowongan pekerjaan untuk kualifikasi tertentu bagi warga yang belum punya pekerjaan. Sayangnya, proses rekrutmen untuk posisi tersebut kini sudah berjalan.
Informasi yang diterima Belitong Ekspres dari DPRD, sebanyak 26 orang peserta bersaing mengikuti seleksi menjadi tenaga ahli fraksi DPRD Kabupaten Belitung, Rabu (26/8) kemarin. Sekretaris DPRD Kabupaten Belitung Thohari Warsito mengatakan, pada seleksi pertama ini mereka diuji membuat makalah. Di dalamnya, ada  ujian kompetensi yang terdiri dari teknik penulisan ilmiah, solusi dan contact of interest, serta perundang-undangan. Selanjutnya pada hari Jum’at (hari ini,Red) seluruh peserta akan dites wawancara.

“Hari ini (Rabu,Red) pembuatan makalah dan hari Jum’at wawancara dari pagi sampai malam. Tiap peserta diberi waktu 45 menit,” kata Warsito.

Mereka diuji oleh tim yang terdiri dari Sekwan, Kabag Tata Pemerintahan, dan Kabag Hukum. Selanjutnya mereka tinggal menunggu hasil tes. Jika lulus, tiap peserta akan diserahkan ke fraksi untuk dipilih oleh fraksi. “Yang lulus diserahkan ke fraksi, jadi fraksi yang merekomendasikan siapa yang menjadi tenaga asli mereka,” ujarnya.

Warsito menjelaskan, tenaga ahli fraksi tugasnya memfasilitasi fraksi. Misalnya memberikan saran, termasuk membuatkan pidato pandangan akhir fraksi. Kedudukannya sama dengan tenaga non pegawai negeri sipil (PNS), dengan menggunakan sistem kontrak pertahun. Namun demikian, yang membedakan gaji mereka lebih besar dari pegawai non PNS lain.
Warsito belum membicarakan berapa besaran gaji yang akan diterima. Namun isu yang beredar, tenaga ahli fraksi akan menerima gaji antara Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per bulan. “Kalau itu mau dibicarakan dulu, yang jelas di atas tenaga kerja non PNS. Ini di atas itu karena tenaga asli kan,” tukasnya.

Berdasarkan pantauan Belitong Ekspres, peminat tenaga ahli fraksi ini sebagian besar pemuda. Rata-rata mereka yang baru lulus kuliah. Namun demikain, nampak pula mantan anggota DPRD Kabupaten Belitung Suhardi dan Deki. (ade)