by -

*Kata Pedagang Harga Ikan Selama Ramadan akan Stabil

foto-A.-pasar-baro
Salah seorang pedagang ikan di Pasar Baro usai membereskan jualannya, Minggu (29/5) kemarin. Bulan Puasa, Pasar Baro akan Buka Lebih Awal

TANJUNGPANDAN-Menjelang bulan suci Ramadan Pasar Baro yang terletak di Kelurahan Pangkallalang akan buka lebih awal. Jika hari-hari biasa buka sekitar pukul 14.30 WIB, pada bulan puasa buka mulai pukul 13.00.

Indra salah seorang pedagang ikan di Pasar Baro kepada Belitong Ekspres Minggu (29/5) kemarin mengatakan, selama bulan puasa nanti rutinitas para pedagang di Pasar Baro akan buka lebih awal.
Indra menjelaskan, ini dilakukan biar masyarakat bisa berbelanja lebih awal untuk menyiapkan menu makanan maupun menu saat berbuka puasa.

“Bulan puasa nanti kita (para pedagang-red) di pasar baro akan buka lebih awal bang,”ujarnya saat menawarkan ikan dagangannya.

Kata Indra, sementara ini harga ikan masih standar. Sebab, tangkapan para nelayan pencari ikan masih normal juga, kondisi cuaca yang bagus.

Lebih jauh indra mengatakan, sekarang ini kondisi cuaca atau musimnya masih bagus. Sebab, jika memasuki musim selatan biasanya daerah Belitung timur ikan akan susah dicari. Akan tetapi, jika lagi musim Barat tiba, para nelayan di Belitung yang akan kesulitan mencari ikan dan tangkapan akan berkurang.

“Alhamdulillah cuaca lagi bagus bang, harga ikan masih biasa-biasa aja (normal-red),”jelasnya.

Menurut indra, rata-rata ikan yang banyak diminati masyarakat ikan kerisi. Lantas, dengan harga yang cukup terjangkau serta mempunyai kandungan gizi yang cukup dan rasa yang enak.

Indra menambahkan, untuk harga ikan jenis kerisi dijual dengan harga Rp 35ribu sampai 37ribu perkilonya. Untuk ikan bulat Rp 25 ribu sampai 30 ribu perkilonya. Sedangkan untuk ikan tenggiri di kisaran Rp 45 ribu sampai 47 ribu per kilonya.

“Kemungkinan harga ikan nanti selama bulan puasa akan stabil,”tukasnya(mg1)