29 Rumah Warga Terendam Banjir

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Banjir Juga Merendam POskesdes dan Kantor BPD Mempaya

MANGGAR-Akibat hujan deras seharian yang mengguyur hampir seluruh wilayah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Minggu (8/2) hingga Senin (9/2) kemarin membuat beberapa wilayah tergenang air. Di Kecamatan Damar, sebanyak 29 rumah di RT 6 dan RT 7 Dusun Mempaya I Desa Mempaya terendam banjir. Selain menggenangi rumah warga, banjir juga merendam Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Mempaya, Kantor BPD dan Kantor PNPM Mandiri.
Sebagian warga korban banjir terpaksa mengungsi ke rumah kerabat, sebagian lagi tetap bertahan. Namun mereka merasa was-was mengingat hujan yang terus mengguyur Kecamatan Damar dan sekitarnya.
Camat Damar, Hendra Jaya mengungkapkan ketinggian air di rumah-rumah warga bervariasi, dari 20 cm hingga 100 cm. Saat ini, Ia belum bisa memperkirakan berapa kerugian materi yang dialami warga. “Saat ini kita siaga di kantor Desa Mempaya. Saya minta kepada kepala desa dan unsur perangkat desa agar terus memonitor kondisi mengingat hujan masih terus turun. Kalau sekarang sudah agak surut namun nanti kalau hujan dak berhenti bisa-bisa naik,”ujar Hendra.
Wakil Bupati Beltim Zarkani Mukri yang turun melihat langsung kondisi banjir di Desa Mempaya mengungkapkan lokasi banjir di Mempaya memang merupakan daerah langganan banjir setiap datang musim penghujan. Sebabnya tak lain akibat penyempitan dan pendangkalan aliran sungai serta aktivitas tambang timah yang ada di sekitar lokasi.
“Ginilah kalau kita menambang tidak berbudaya. Kalau semua hanya beralasan ingin cari makan tapi tidak mengindahkan efek yang akan didapat. Daerah serapan air juga dibabat, gimana gak banjir,”sindir Zarkani.
Zarkani yang didampingi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Sudiono, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Yusmawandi serta Kepala Pos SAR Belitung Mancarah Wanto menambahkan, dirinya telah menginstruksikan agar Camat dan Kepala Desa Mempaya mengumpulkan perangkat desa dan para penambang yang beroperasi di sekitar lokasi banjir untuk mencarikan solusi bagi mengatasi banjir musiman ini.

Baca Juga:  Beltim Targetkan Juara FLS2N Provinsi

Baca Juga:  Kapolda Sambut Baik Pelayanan SKCK On The Spot Polres Beltim

“Malam ini (tadi malam) saya minta kades mengumpulkan perangkat desa dan para penambang. Saya ingin kita bersama-sama cari solusi agar banjir ini tidak terjadi setiap musim hujan,”kata Zarkani.(feb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: