3.088 Karyawan Terima THR

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

    MUNTOK – Sebanyak 170 perusahaan di Bangka Barat (Babar) diwajibkan membayar Tunjungan Hari Raya (THR) kepada karyawan. Kabid Tenaga Kerja pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Babar Syahrul Effendi mengungkapkan, pemberian THR oleh masing-masing perusahaan yang ada di Babar yaitu paling lambat tujuh hari sebelum hari raya idul fitri (H-7).
    “Paling lambat H-7 semua perusahaan harus segera membayar THR, hal tersebut telah diatur di dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan,” ujar Syahrul saat ditemui Radar Bangka, Kamis (25/6). Dikatakannya, dari 170 perusahaan yang ada saat ini terdiri tiga kelas mulai dari perusahaan kelas kecil sampai perusahaan besar. “Jadi berdasarkan data yang ada di kita 170 perusahaan tersebut terdiri dari tiga kelas, mulai dari kelas kecil hingga perusahaan kelas besar, dan dari 170 perusahaan tersebut berdasarkan data yang ada di kami jumlah karyawan yang wajib menerima THR pada tahun ini ada sebanyak 3.088 orang. Data tersebut adalah data terkahir yang kami update yaitu pada bulan Mei 2015 lalu,”kata dia.
    Ia menjelaskan lagi, setiap perusahaan yang ada diwajibkan melaporkan kepada Pemda melalui Dinsosnakertrans, terkait dengan jumlah karyawan. “Kita telah mewajibkan setiap perusahaan untuk melaporkan jumlah karyawan disetiap bulannya, serta guna memastikan sekaligus melaksanakan fungis pengawasan ketenagakerjaan di Babar, kita juga melakukan monitoring pada setiap perusahaan, monitoring ini juga dilaksanakan sama, setiap bulan,” jelas Syahrul.
    Berdasarkan aturannya atau Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja pemberian THR ini karyawan atau tenaga kerja lainnya wajib menerima sebesar satu bulan gaji yang diterima setiap bulannya. “Besaran THR yang wajib diterima oleh karyawan atau tenaga kerja lainnya sebesar satu bulan gaji lainnya. Sedangkan bagi karyawan atau tenaga kerja yang masa kerjanya belum sampai satu tahun maka diberikan secara proporsional oleh perusahaan,” ujar dia.
    Oleh karena itu kata dia, untuk melayani para tenaga kerja ataupun karyawan di Babar ini yang bermasalah dengan THR, pihaknya akan akan membuka posko pengaduan khusus THR. “Jadi silakan sampaikan kepada kami aduan ataupun laporan yang terkait dengan pemberian THR ini, tentunya layanan pengaduan ini akan kami buka 24 jam,” tutup Syahrul.(ray)

Rate this article!
3.088 Karyawan Terima THR,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: