3 Balon Akan Daftar Hari ini

by -

*Dipastikan Panitia KPUD Harus Bekerja Keras

HL foto A - Copy

Suasana Sekretariat Panitia Penerimaan Pendaftaran di KPUD Beltim lenggang, hanya ampak pegawai KPUD Beltim yang melakukan segala persiapan.

MANGGAR – Tiga pasangan bakal calon (Balon) yang maju dalam Pilkada 2015 diperkirakan akan mendaftar ke KPUD Beltim,  Selasa (28/7) hari ini. Pasalnya, pada hari kedua pendaftaran Senin (27/7) kemarin, belum  satu pun pasangan yang mendaftarkan diri.

“Sampai hari ini (kemarin-red), belum ada satu pasangan pun Balon yang mendaftar ke kami (KPUD Beltim),” ungkap Ketua KPUD Beltim Pirmawan melalui Komisioner, Suro M Siregar, Senin (27/7) kemarin.

Suro mengatakan, jika pasangan Balon semuanya mendaftar besok (hari ini-red) ia memastikan panitia harus bekerja keras memverifikasi semua berkas percalonan tersebut. Namun pihakmua, tidak dapat memastikan waktu yang dibutuhkan untuk memverifikasi berkas setiap pasangan calon.

“Dak bisa dipastikan berapa jamnya. Tergantung dokumen yang diserahkan. Contohnya, ada partai yang struktur kepengurusannya tidak terlalu banyak tapi ada juga partai yang memiliki kepengurusan yang banyak. Ini tentu membutuhkan verifikasi yang lebih lama,” ungkap Suro, saat ditemui di Kantor KPUD Beltim, Senin (27/7) kemarin.

Komisioner KPUD Beltim lainnya, Arphan Arbaie menambahkan, ada sejumlah persyaratan wajib yang harus mutlak dilampirkan pada saat mendaftar dan ada persyaratan yang boleh disusulkan.

“Paling ada yang harus diverifikasi saat itu, tapi ada yang tidak mesti disiapkan saat itu. Paling penting adalah dokumen pencalonan dan salinan SK kepengurusan partai yang resmi,” ujar Arphan.

“Kita punya yang dari Kemenkumham dapat dari KPU RI. Jadi walaupun mereka menyerahkah yang salinan, tapi berbeda dengan pedoman yang kita miliki, tetap kita tolak,” timpal Suro.

Meski demikian, KPU kata Suro, tetap meminta penjelasan kepada partai politik terkait perbedaan.

“Sebelumnya kita meminta klarifikasi kenapa ada perbedaan. Tidak serta merta menolak. Intinya kami tidak akan mempersulit, tapi jangan diartikan kami akan membantu (memberi kemudahan, red),” tutup Suro. (feb)