3 Buaya Ditangkap Akhirnya Mati

by -

*Diduga Karena Terlalu Lama Dibiarkan Diikat
DSC_4115

Buaya yang mati di kolam wisata Minapayau milik DKP Beltim, Desa Sukamandi Damar, nampak masih mengapung. Foto diambil Selasa (28/4) siang kemarin.

MANGGAR – Tiga dari Empat ekor Buaya yang berhasil ditangkap di Sungai Mirang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Kamis (23/4) lalu, dikabarkan mati. Ketiga hewan predator yang mati pada Selasa (28/4) kemarin, diduga karena lambatnya koordinasi dan dibiarkan dalam kondisi terikat tali selama lima hari.
Pawang Buaya asal Tanjungpandan Belitung, Watak membenarkan ketiga buaya tersebut telah mati.
“Yah, kabarnya sih sudah mati. Buaya yang dua matinya Senin (27/4) petang dan yang satu nya lagi dikabarkan mati tadi siang Selasa (28/4) di tempat penakaran sementara,” Aku Watak, ditemui usai melakukan pencarian buaya di Sungai Mirang.
Watak mengatakan buaya-buaya itu mati karena terlalu lama dibiarkan selama hampir 5 hari dalam kondisi diikat. “Ini karena terlalu lama dibiarkan, dan lambatnya koordinasi,” ujar Watak.
Sementara itu dari pantauan BE Selasa (28/4) kemarin, satu buaya yang masih hidup di tempatkan dalam kolam milik Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Beltim. Tepatnya di kawasan wisata Minapayau Desa Sukamandi Damar.
Sedangkan dua buaya yang sudah mati Senin (27/4) kemarin malam dikabarkan sudah dikuburkan di area tempat pembuangan akhir (TPA), Desa Sukamandi, Kecamatan Damar. Dan seekor buaya yang menyusul mati, kemarin masih nampak mengapung berada di salah satu kolam Minapayau milik DKP Beltim.
“Yah bang yang satunya juga sudah mati, tapi masih didalam kolam, rencana malam ini akan dikuburkan, karena penguburan buaya ini harus dalam, agar bau nya tak tercium,” ujar salah seorang pegawai DKP yang di temui di kolam tersebut.
Kata dia, dari Empat ekor buaya itu, kini masih tersisa seekor buaya yang masih hidup dan tersimpan di kolam milik DKP Beltim. Buaya ini hidup dengan ikan yang sudah dipelihara DKP Beltim sejak beberapa bulan lalu.(feb)