3 Hari Satpol PP Fokus Razia Pasar

by -

*Rapikan Kota Tanjungpandan, Jelang Hari kemerdekaan

TANJUNGPANDAN – Tiga hari berturut-turut Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Belitung razia ke pasar-pasar, sejak hari Sabtu (1/8) hingga Senin (3/8) kemarin. Raziz dimulai dari pasar Kampung Parit, Pasar Hata hingga Pasar Tradisional Tanjungpandan.

Kepala Satpol PP Kabupaten Belitung Alkar mengatakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan 17 Agustus. Kondisi kota harus rapi, tidak kumuh.

“Dari bulan puasa hingga Idul Fitri kita bebaskan mereka bangun, karena kondisi dagangan mereka banyak. Sesuai perjanjian kemarin setelahnya harus bongkar,” kata Alkar di ruang kerjanya, Senin (3/8) kemarin.

Hasilnya tiga hari dirazia, pedagang pasar juga bersahabat, kondisi pasar tidak sesak. Meski kenyataan kata Alkar, di lapangan ada yang sedikit membandel. Bahkan sampai anggota pulang ada beberapa yang kemabali membuka lapak. Alkar menegaskan, semuanya dilepas, baik itu terpal maupun kayu, sehingga kondisi pasar sempit.

“Pasar jadi kumuh, keindahan kota tidak terbentuk lagi. Dan hargai juga pengguna jalan,” kata Alkar.
Berdasarkan pantauan Belitong Ekspres, kondisi sesak pasar bukan hanya pedagang penyebabnya. Namun kondisi parkir yang kurang teratur juga. Padahal jalan dibangun untuk pembeli. Kondisi ini juga diiyakan oleh seorang pedagang.

“Iya bang coba kalau parkir itu tidak ada kan jalan ini luas,” kata seorang pedagang.

Akan tetapoi untuk parkir Alkar enggan mengomentari. “Perparkiran saya minta maaf, karena ini ranahnya dinas perhubungan,” pungkasnya. (ade)