3 Kasus Korupsi Segera Dilimpahkan

by -

*Mengenai Penahanan Nantinya Tergantung Hakim

MANGGAR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim), dalam waktu dekat akan segera melimpahkan tiga kasus korupsi ke pengadilan Tipikor Pangkal Pinang, tepatnya Agustus mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kejari Manggar, Adhi Prabowo usai melaksanakan upacara dalam rangka peringatan Bhakti Adhiyaksa ke 55, Rabu (22/7) kemarin.
“Untuk tiga kasus korupsi awal Agustus (bulan depan-red) akan kita limpahkan ke pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor-red) di pangkal pinang,” ungkap Adhi Prabowo kepada wartawan.
Menurut Adhi, tiga kasus korupsi tersebut yakni kasus dugaan korupsi Pasar Lipat Kajang Manggar, Kasus dugaan korupsi Pembangunan Dermaga Di Pulau Ketapang dan kasus dugaan korupsi Proda tahun 2013 yang lalu.
“Ketiga kasus korupsi tersebut nantinya semuanya akan kita limpakan ke Pengadilan Tipikor. Mengenai penahanannya itu nantinya tergantung Hakim,” terangnya.
Lebih lanjut Adhi mengatakan, ke depan bukan hanya kasus korupsi saja yang akan ditindaklanjuti, namun juga ada kasus narkotika. Nantinya semua Jaksa dituntut untuk melakukan penindakan yang setinggi tinggi untuk kasus narkoba ini. Tujuannya, agar adanya efek jera kepada pada tersangka dan efek kejut kepada mereka yang baru akan melakukan hal tindakan penyalahgunaan narkoba.
Menurut Adhi dari grafiknya peredaran narkoba di Beltim cukup meningkat dibanding beberapa tahun belakangan ini.
“Tindak pidana narkoba yang tadinya ditahun 2012 hanya ada 2 perkara/kasus. Namun kini di tahun ini (2015-red) sudah meningkat, mungkin ini juga merupakan canggihnya teknologi dan IT yang ada saat ini,” jelas Adhi.
Meski demikian, untuk kasus pidum dan juga narkotika lanjutnya, Beltim masih bisa dikatakan rendah dan masih kondusif dibanding dengan beberapa kabupaten lain yang ada di Babel ini.
Adhi berharap semoga di hari Bhakti Adyaksa tahun 2015 ini Kajari Manggar tetap bekerja semaksimal mungkin dan semangat serta mengkedepankan profesionalisme sesuai amanah untuk memberantas Korupsi dan kasus lainnya di Kabupaten Beltim. (feb)