3 Kategori Wajib untuk Pemilih

by -

*Harus Diperhatikan Ketika Ingin Mencoblos

MANGGAR – Pemilih yang akan melakukan pencoblosan pada Pilkada Beltim pada 9 Desember mendatang, akan dikategorikan dan diwajibkan menjadi 3 pemilih. Pertama adalah yang menggunakan C6, bagi pemilih yang membawa undangan (formulir C6). Mereka adalah pemilih yang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan DPTb1 (Daftar Pemilih Tambahan 1).
“Dan, Formulir  C6, wajib dibawa saat ke TPS. Jika pemilih lupa, petugas KPPS akan mengarahkan ke papan pengumuman yang ada di DPT. Dan di sana akan tertera nama pemilih, maka petugas akan mendaftarakan pemilih tersebut,” ungkap Rizky Renaldi, kepada wartawan, Kamis (3/12) kemarin.

 

Hal ini disampaikannya karena mengingat pencoblosan Pilkada Serentak Kabupaten Beltim 2015 tinggal menunggu hitungan hari.

Ia menjelaskan untuk Pemilih kedua, melanjutkan pemilih yang pindah TPS dengan membawa formulir A5. Formulir ini bisa diambil di desa dengan menghubung Panitia Pemungutan Suara (PPS) paling lambat tiga hari sebelum pencoblosan.
“Jika ini terjadi, maka nantinya petugas akan memberikan formulir A5 ini sebagai bukti bahwa pemilih pindah ke TPS lain,” terang Rizky.

Rizky mengatakan, PPS akan mendata pemilih yang menggunakan A5 bagi mereka yang menjalani rawat inap RSUD atau Puskesmas di Kabupaten Beltim. Dan begitu pula untuk tahanan yang mendekap di sel tahanan Polres Beltim.

“Sedangkan bagi warga Beltim yang menjadi tahanan di Lapas Cerucuk, kami tidak mendata karena berada di luar daerah pemilihan. Petugas akan mendata pada tanggal 9 Desember dan akan diberikan A5. Teknisnya KPPS terdekat akan mendatangi RSUD untuk membawa kotak suara dibantu saksi dan Pengawas TPS. Termasuk juga untuk keluarga pasien yang berjaga di RSUD tersebut,” jelasnya.

Sementara, untuk pemilih kategori ketiga adalah pemilih yang yang mencoblos menggunakan KTP atau KK. Pemilih kategori ini jika memang tidak terdaftar di DPT ataupun DPTb1.

 

“Tetapi mereka punya hak pilih berdasarkan syarat-syarat pemilih, hanya saja waktu memilihnya diperbolehkan pada pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB (siang), Atau satu jam sebelum pencoblosan ditutup,” terangnya.

Masih menurut, Komisioner KPUD Beltim untuk Divisi SDM, Rumah Tangga, dan Data Pemilih ini, ketiga kategori pemilih itu terdiri dari pemilih yang menggunakan C6, A5, dan pemilih menggunakan KTP atau KK. Dan ini setidaknya ke 3 kategori pemilih ini wajib dan harus diperhatikan KPPS pada hari pencoblosan, 9 Desember 2015 mendatang.

“Ketiga hal ini penting karena petugas KPPS itu tugasnya melayani pemilih yang datang. Ini juga penting bagi pemilih. Sejauh ini, Kami pun sudah melaksanakan bimtek di berbagai kecamatan, Dan InsyaAllah KPPS mengerti soal tiga hal ini,” pungkas Rizky. (feb)