3 Pasien Corona Baru Belitung Pupuskan Kegembiraan Warga Sambut Lebaran

by -
3 Pasien Corona Baru Belitung Pupuskan Kegembiraan Warga Sambut Lebaran
Direktur RSUD dr H Marsidi Judono, dr Hendra SpAn.

2 Riwayat Perjalanan dari Banglades
1 Riwayat Perjalanan dari Jawa Barat

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kegembiraan masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H dengan suka cita pupus. Pasalnya, baru saja pengumuman seluruh pasien Covid-19 di Pulau Belitung sembuh, datang kabar buruk.

Sebelumnya, Jumat (22/05) sekira pukul 16:00 WIB Kabupaten Belitung mengumumkan pasien 750 asal Kabupaten Belitung Timur (Beltim) sembuh dari virus Corona (Covid-19).

Namun, kabar baik itu berselang waktu hanya 15 menit. Tepatnya pukul 16.15 WIB pihak RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung menemukan 3 cluster baru pasien positif virus Corona.

Laboratorium Biomedis Real Time PCR dengan alat TCM miliki RSUD dr H Marsidi Judono mengeluarkan hasil uji PCR terhadap 8 spesimen swab tenggorokan milik 4 orang pasien ODP.

Hasilnya, pasien 0921 inisial DA, jenis kelamin laki-laki Swab PCR positif dan pasien 0923 inisial DP, jenis kelamin laki-laki Swab PCR juga positif Corona.

Kedua pasien yang beralamat Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan mempunyai riwayat perjalanan dari Banglades tanggal 11 Mei dan Jakarta tanggal 16 Mei 2020.

Semula pada saat pulang ke Tanjungpandan, kedua pasien ini telah menunjukkan persyaratan penerbangan dari Jakarta ke Belitung. Yakni hasil uji swab PCR di Jakarta negatif Covid-19.

“Selanjutnya pasien 0930 Swab PCR Negatif. Dan, pasien 0931 inisial MOR swab PCR positif, alamat Jalan Kamboja Paal Satu,” kata Direktur RSUD dr H Marsidi Judono dr Hendra, SpAn dalam keterangan tertulisnya.

Dikatakan dr Hendra, berdasarkan tracing Dinas Kesehatan Belitung, pasien 0931 pernah ke luar daerah pada bulan Maret lalu dan mengikuti pelatihan di Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, pasien ini juga pernah ke Kabupaten Beltim sekitar akhir April 2020. Selebihnya banyak di rumah dan sering berbelanja ke pasar.

Dengan hasil Swab PCR itu, RSUD kembali menangani 3 pasien positif Covid-19. Yaitu pasien nomor 0921, (pasien ke-6), pasien nomor 0923 (pasien ke-7) dan pasien nomor 0931 (pasien ke-8) di Pulau Belitung.

Sekarang, ketiga pasien positif Covid-19 tersebut sudah diisolasi di RSUD dr H Marsidi Judono untuk menjalani perawatan sampai mereka sembuh.

“Dan juga saat ini kondisi ketiga pasien tersebut dalam kandisi sehat tanpa menunjukkan gejala klinis terkait covid-19,” terang dr Hendra.

Oleh karenanya, kepada seluruh masyarakat yang pernah kontak erat, pernah berada dalam satu ruangan, atau pernah berada dalam satu mode transportasi terhadap ketiga pasien Covid-19 tersebut, diharapkan segera melaporkan dan memeriksakan diri.

Pemeriksaan bisa dilakukan di posko Covid-19 Dinas Kesehatan terdekat atau Pusat Deteksi Covid-19 RSUD dr H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung

“Kami himbau untuk memeriksakan diri. Pemeriksaan dan penanganan sesuai protap yang berlaku untuk mencegah penyabaran kasus lebih luas,” tukas dr Hendra.

Tak hanya itu, GTPPC Kabupaten Belitung menghimbau kepada seluruh warga Belitung dan sekitarnya untuk kembali mematuhi protokol kesehatan pemerintah dalam pencegahan
dan penanganan penyebaran Covid-19

Masa diminta senantiasa melakukan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan, memakai masker, tidak berkumpul di tempat keramaian, selalu menjaga jarak (phisical distancing).

“Karena sebentar lagi kita akan merayakan Idul Fitri 1441 H tetap bersilaturahmi dengan tidak melakukan kontak erat dan selalu menjaga jarak,” ajak dokter Hendra.

“Kami juga menghimbau tidak berpergian di tempat keramaian maupun tempat-tempat wisata yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa,” pungkasnya. (dod)

Editor: Yudiansyah