30 UMKM Belitung Dapat Sertifikat Halal, Berlaku 4 Tahun, Melanggar Dicabut

by -
30 UMKM Belitung Dapat Sertifikat Halal, Berlaku 4 Tahun, Melanggar Dicabut
Kepala DKUKMPTK Kabupaten Belitung, Adnizar menyerahkan Sertifikat Halal MUI kepada salah satu pelaku UMKM.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sebanyak 30 UMKM di Kabupaten Belitung mendapatkan Sertifikat Halal MUI. Penyerahan Sertifikat Halal dilakukan di Gedung PLUT Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Rabu (17/3) kemarin.

“Ini penyerahan Sertifikal Halal UMKM Belitung dan pembiayaannya dari Provinsi. Dari Belitung sudah diberikan sebanyak 40 UMKM,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung Adnizar, kepada Belitong Ekspres.

Menurut Adnizar, untuk tahun 2021 sempat dianggarkan oleh pihaknya di APBD Belitung sebanyak 40 sertifikat. Akan tetapi dampak “Refocusing”, anggaran dikembalikan. “Jadi yang lain bersabar dulu, mudahan kedepan ada kebijakan lain,” sebutnya.

Selain merupakan kebanggaan bagi penerima Sertifikat Halal karena naik kelas, tetapi itu tanggung jawab dan beban mereka. Selama 4 tahun masa berlaku sertifikat itu, mereka harus bisa mempertahankan status halal tersebut. “Kedepan dengan berlakunya UGG, ini tentu akan menjadi perhatian masalah halal ini,” tukasnya.

Selama masa berlaku sertifikat halal itu lanjut Adnizar, pihaknya akan terus mengawasi, dan evaluasi. Apabila dalam masa itu, mereka melakukan pelanggaran bisa saja Sertifikat Halal tersebut dicabut.

“Semisalnya hal-hal yang bisa mengharamkan produk itu harus jauh, seperti ada anjing di dekat lokasi produksi itu, hal itu bisa menjadi evaluasi. Jadi ini merupakan tanggung jawab dan semangat mereka untuk berkarya dan mempertahankan halal itu,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Bidang Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah DKUKMPTK Belitung, Budi Swasta berpesan kepada UMKM penerima sertifikat, agar segera memasang logo di kemasan produk mereka. “Kemudian di rumah produksi juga dipasang logo MUI-nya, halalnya,” katanya.

Kata Budi, pihaknya juga bisa membantu pemasaran dengan cara melalui konsultan PLUT secara gratis bagi UMKM. Seperti pelayanan “packaging” yang bagus, serta pemasaran secara digital. “Nanti kita bantu untuk di website, medsos lainnya,” tandasnya. (dod)